8 Tips Jitu Agar Tetap Fashionable Buat Kamu yang Bertubuh Gemuk dan Kurang Tinggi

Umumnya, perempuan mendambakan tubuh yang tinggi dan ramping. Dua hal tadi yang secara umum lebih sering dijadikan sebagai definisi tubuh ideal. Segala jenis diet dan olah raga pembentukan tubuh pun rela dilakukan. Tak jarang, beberapa orang bahkan melakukan diet ekstrim demi bentuk tubuh yang didambakan.

Memang harus diakui, tubuh yang ideal memang memiliki kelebihan, terutama dalam dunia fashion. Seringkali terdengar istilah sindiran bahwafashion hanyalah milik orang-orang bertubuh ramping dan ideal. Hal ini pun banyak diaminkan orang kebanyakan.

Bagaimana dengan kamu yang bertubuh gemuk dan kurang tinggi? Haruskah kamu dikesampingkan dan dibeli label sebagai golongan yang tidak bisa tampil fashionable? Absolutely no!

Ada banyak cara agar kamu tetap terlihat fashionable meski tidak bertubuh tinggi dan ramping. Apa aja sih? Let’s scroll down!

1. Fokus Pada Motif Kecil dan Hindari Motif Besar

Dress motif kecil via bodybigsize.com

Motif kecil pada pakaian memberikan kesan ramping bagi orang yang mengenakannya. Baju dengan corak motif kecil sangat cocok dipakai oleh orang bertubuh gemuk dan kurang tinggi. Corak motif kecil akan membuat terlihat lebih ramping. Ketika kamu terlihat lebih ramping maka secara otomatis tubuhmu juga akan terlihat lebih tinggi.

Selain itu, hindari mengenakan baju bermotif besar. Motif besar pada pakaian cenderung membuat seorang yang mengenakannya terlihat lebih gemuk dan pendek. Akan menjadi bumerang untuk kamu jika mengenakannya. Bukan terlihat kurus, kamu justru akan terlihat lebih gemuk. Ketika kamu terlihat lebih gemuk, secara otomatis kamu juga akan terlihat semakin pendek.

2. Garis Vertikal Bisa jadi Pilihan Bijak

Motif Garis Vertikal via www.tokopedia.com

Garis vertikal mempunyai kecenderungan menyamarkan bentuk tubuh. Semakin tersamarkan bentuk tubuh, maka akan semakin terlihat ramping. Hal ini tentunya memberikan keuntungan untuk kamu yang bertubuh gemuk.

Di sisi lain, memakai baju motif vertikal akan membuat pemakai baju tersebut terlihat lebih tinggi. Hal ini dikarenakan badan akan terlihat memanjang. Dengan demikian, selain terlihat lebih ramping, kamu juga akan terlihat lebih jenjang saat mengenakan dress panjang dengan motif garis vertikal.

3. Baju Berbahan Satin Akan Menghindarkan Kesan Mengembang

Baju Berbahan Satin via mamayah.yukbisnis.com

Bahan satin bersifat ringan dan jatuh. Bahan jenis ini cocok untuk menyamarkan tubuhmu dari kesan mengembang. Sifat bahan yang terlihat jatuh saat dipakai memberikan kesan ramping. Selain itu, bahan satin yang ringan dan mudah kembali ke bentuk semula ini akan menutup lekukan tubuh kamu dengan sempurna.

4. Gunakan Setelan Dengan Warna yang Senada

Dress Warna Gelap via notre-de-maison.blogspot.com

Warna gelap seperti hitam atau coklat tua memberikan kesan sempit pada suatu bidang. Baju berwarna gelap juga mempunyai efek yang sama. Memakai baju berwarna gelap akan membuat lebar tubuhmu menyusut dan tersamar. Hal ini tentu bagus karena akan membuat kamu lebih ramping.

Lalu, apakah orang bertubuh gemuk dan kurang tinggi tidak cocok memakai pakaian berwarna terang? Ah, nggak juga. Warna terang sangat mungkin dipakai oleh kamu yang bertubuh gemuk dan kurang tinggi. Hanya saja, perlu diperhatikan juga beberapa detil ketika kamu memakai setelan baju berwarna terang.

Dress dengan warna cerah via plus-size-womens-fashions.blogspot.com

Ketika ingin menggunakan setelan berwarna terang, pastikan kamu memilih atasan dan bawahan dengan warna senada. Warna yang senada juga akan menyamarkan tinggi badan sehingga tidak membuatmu terlihat pendek. Sebaliknya, jika kamu menggunakan setelan dengan warna yang kontras justru akan memperjelas kesan gemuk dan pendek.

5. Pilih Celana yang Tidak Mengekspose Lekuk Tubuh Secara Berlebihan

Celana Pipa, via modelbajuterbaruku.com

Selain detail memilih atasan, memilih celana juga mejadi salah satu hal penting. Agar mendapatkan kesan bentuk tubuh yang lebih ramping, pemilihan model celana juga harus sesuai. Hal ini tentu saja untuk menghindarkan kesan gemuk dan pendek itu sendiri.

Dalam hal ini, celana model pipa bisa menjadi salah satu solusi. Celana pipa memiliki kesan menyamarkan bentuk pingul dan paha agar tidak terlihat besar. Kakimu akan terlihat lebih jenjang dan kamu juga akan terlihat lebih ramping.

6. Blazer Bisa jadi Alternatif Agar Terlihat Lebih Ramping

Blazer via decinena.com

Memakai blazer yang disesuaikan dengan badan (fit to body) akan menyamarkan lebar pinggul dan pinggang. Hal ini tentu saja akan membuat badanmu terlihat lebih ramping. Kelebihan lain dari pemakaian blazer adalah memperbaiki bentuk bahu. Memakai blazer dapat membuat bahu terlihat lebih bidang. Dengan demikian, kamu akan terlihat lebih tegap.

Selain itu, lengan panjang blazer juga akan menyamarkan lekuk lengan. Hal ini akan membuat tanganmu terlihat mengecil dan ramping. Dengan kombinasi tersebut, akan terlihat bentuk badan yang ideal.

7. Chunky Heels Bisa Membuatmu Terlihat Lebih Tinggi dan Ramping

Chunky Heels, via tips-sepatu-wanita.com

Kecenderungan seorang yang bertubuh gemuk adalah memiliki betis yang besar. Hal itu mengharuskan untuk memilih sepatu dan sandal yang nyaman dan aman untuk menghindarkan cidera otot akibat pemakaian. Salah satu pilihan aman yang mungkin dipakai adalah heels dengan model chunky platform.

Model chunky platform adalah model heels dengan bantalan belakang yang merata dan tidak meruncing. Hal ini memungkinkan bantalan menahan beban yang lebih berat dengan aman. Selain itu, model ini juga membuat kaki kamu akan terasa lebih nyaman karena tidak harus menahan beban berlebih pada satu titik. Kenyamanan ini kan membuat kamu lebih leluasa beraktivitas.

Heels jenis ini cocok untuk menyamarkan agar betis tidak terlihat terlalu besar. Keseimbangan ini yang akan membuat kakimu terlihat lebih jenjang.

8. Gunakan Pakaian dengan Model Leher Terbuka

Pakaian Leher Terbuka via id.aliexpress.com

Memakai baju dengan leher tertutup adalah salah satu hal yang harus dihindari. Hal membuat badan terlihat lebih pendek. Akibatnya seorang yang gemuk akan terlihat semakin gemuk.

Sebaliknya, baju dengan leher terbuka akan menjadikan leher terlihat lebih panjang. Hal ini juga akan memberikan efek badan terlihat lebih panjang. Badan yang terlihat memanjang mengesankan bahwa terlihat lebih ramping.

Selain itu, baju dengan bagian leher terbuka akan memberikan efek lebih leluasa bergerak. Leher yang tebuka juga memungkinkan kamu menambahkan aksesoris seperti kalung pada leher. Hal itu bisa menghindarkan kesan polos dan tentu saja akan membuat kamu lebih fashionable.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu jadikan acuan untuk tetap fashionable meski bertubuh gemuk dan kurang tinggi. Dengan berbagai trik yang tepat, tubuh gemuk dan kurang tinggi bukanlah lagi momok dalam dunia fashion. Fashion adalah milik semua orang! Dengan cara yang tepat, kamu tidak harus menyiksa diri guna mengikuti standar fashion yang konvensional.

Setiap orang bisa tampil fashionable dengan pilihan yang tepat. So, jangan ragu dan bimbang untuk mencoba ya ladies!

Tulis komentarmu di kolom ini!