Anak Anda Susah Makan? Baca Tips Mengatasi Anak Susah Makan ini!

Masalah yang paling klasik pada anak adalah susah sekali kalau disuruh makan. Salah satu penyebab anak susah makan adalah tidak suka dengan sayuran. Ketika menemukan sayuran dalam makananya maka si anak secara otomatis akan menolak dan mencari alasan agar tidak perlu makan. Kondis atau keadaan ini bagi para orangtua, terutama ibu adalah hal yang sangat menkhawatirkan.

Para orangtua sering berpikir kalau nantinya kesehatan anak jadi terganggu karena kurangnya asupan gizi bagi tubuhnya. Parahnya lagi anak juga dikhawatirkan mengalami kekurang gizi karena susah makan ini sehingga derdampak pulan dengan pertumbuhan dan perekmbangannya.

Gak usah panik dan bingung ketika anak susah makan, para bunda bisa melakukan dan mempraktekan tips yang akan dibagikan berikut ini.TIps-Cara-Mengatasi-Anak-Susah-Makan

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

  1. Ajak anak saat membuat makanan

Cara pertama saat anak susah makan yang bisa dilakukan oleh para bunda adalah mengajak si buah hati untuk ikut memasak dan menyiapkan makanan. Dengan cara ini semoga bisa membuat si anak lebih semangat dan antusias untuk menyantap hasil masakannya sendiri.

  1. Wakut Makan Harus Di Disiplinkan

Membiasakan anak makan dengan jam makan akan membuat anak menjadi makan dengan teratur. Dengan mendisplinkan waktu makan ini, anak akan jadi lebih mudah makan karena dia akan merasa terpanggil untuk makan kalau belum makan pada jam makannya.

  1. Berikan Cemilan Yang Sehat

Anak biasanya sangat suka sekali untuk makan cemilan. Jadi berikan saja cemilan pada mereka. Untuk membuat makan mereka lahap, berikanlah cemilan jauh sebelum waktu makan mereka tiba agar saat makan anak tidak kekenyangan duluan. Berikanlah cemilan yang bebas bahan kimia, dan zat yang berbahaya. Bunda bisa memberikan cemilan berupa buah – buahan, es krim, yogurt, pudding dan lainnya yang sehat.

  1. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan

Saat anak susah makan, bunda sebaiknya jangan memarahi si anak. Ciptakanlah suasana makan yang membuat anak merasa senang. Biasanya kalau anak susah makan atau makanannya tidak habis anak akan dimarahi, ditakut – takuti dan lain sebagainya. Saat itu terjadi mungkin makanan akan habis tapi ke depannya anak akan sangat benci dengan waktu makan mereka.

Untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan bunda bisa menemani anak saat makan. Sesekali saja sudah cukup. Ajak anak berbincang mengenai asal usul makana, manfaat dari apa yang dimakan, dogeng yang ada hubungannya makanan dan lain sebagainya. Intinya harus selalu sabar dalam menghadapi si buah hati.

  1. Bentuk Makanan Dibuat Lebih Menarik

Anak sangat suka dengan bentuk – bentuk yang unik dan juga hal – hal yang dianggap baru oleh mereka. Hal ini bisa bunda terapkan dalam membuat makanan bagi anak ketika mereka susah untuk diajak makan. Bunda bisa membentuk makanan anak menjadi bentuk binatang, bentuk robot dan lainnya yang disuaki oleh anak – anak.

Untuk referensi saat ini sudah sangat banyak, jadi bunda pasti bisa melakukan ini agar anak kembali semangat untuk makan dan masalah anak susah makan juga ikut teratasi.

  1. Variasikan menu makanan si anak

Memakan menu yang sama, rasa yang sama dan juga bentuk yang masih sama pula kadang membuat anak merasa bosan untuk makan. Tak hanya anak, terkadang banyak juga orang dewasa yang mengalami kebosanan terhadap menu makanan yang begitu – begitu saja.

Buat menu makan pagi, siang dan malam hari dengan menu – menu makan yang berbeda. Dijamin deh pasti anak akan suka dan tidak susah makan lagi.

Nahbagaimana tipsnya? Mudah bukan. Satu  lagi tambahan yang bisa bunda lakukan adalah memberikan suplemen pada anak. Dengan suplemen makanan biasanya anak jadi lebih antusias saat waktu makan tiba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Tulis komentarmu di kolom ini!