Anak Bunda Suka Cengeng? Ini Dia Tips Dan Cara Mengatasi Anak Yang Cengeng

Seorang anak pastinya tidak akan lepas dari cengeng, anak dapat cengeng karena berbagai hal dan sebab. Sebagai orang tua apabila anaknya cengeng pasti akan berusaha sekuat tenaga untuk menenangkan supaya tidak cengeng atau menangis. Berikut adalah upaya atau cara mengatasi anak cengeng yang bisa orang tua lakukan :

  1. Menuruti keinginannya

Cara mengatasi anak cengeng salah satunya dengan menuruti keinginannya. Dengan menuruti keinginan si anak, maka yang tadinya cengeng akan berubah menjadi senang. Namun, perlu diingat. Sebagai orang tua anda tidak boleh terlalu memanjakan anak. Karena dengan memanjakan terlalu berlebihan akan membuat si anak nantinya cenderung bergantung kepada orang lain, dan menjadi manja hingga dewasa. Tentunya para orang tua tidak menginginkan hal tersebut, untuk itu jangan terlalu memanjakan anak.

Tips-Dan-Cara-Mengatasi-Anak-Yang-Cengeng

  1. Mengajaknya bermain

Cara kedua mengatasi anak cengeng adalah dengan mengajaknya bermain. Karena dengan bermain si anak akan lupa dengan sesuatu yang membuatnya cengeng, sehingga ia akan menjadi lebih ceria dan senang. Mengajak si anak bermain sangat mudah dan sederhana, anda dapat mengajaknya bermain petak umpet, bermain bola, dan lain sebagainya. Bermain juga dapat membuat anak menjadi lebih aktif, sehingga bermain penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan anak.

  1. Memasak makanan kesukannya

Cara mengatasi anak cengeng juga dapat dilakukan dengan cara memasakkan makanan kesukaannya. Karena dengan begitu si anak akan gembira dan melupakan sesuatu yang membuatnya menjadi cengeng. Tidak hanya membuatkan makanan untuknya, namun anda dapat mengajak si anak untuk ikut langsung dalam memasak. Jadi selain untuk mengatasi cengeng juga dapat mengajarkan anak dalam memasak.

  1. Memeluknya

Anak yang cengeng memang terjadi karena sesuatu hal. Cengeng juga dapat diatasi dengan cara memeluknya. Karena dengan pelukan akan membuat si anak berpikir bahwa ia tidak sendirian, dan selalu ada orang tua yang ada di dekatnya. Dengan begitu ia tidak akan cengeng lagi dan segera gembira. Pelukan secara tidak langsung akan memberikan semangat untuk si anak, sehingga ia akan melupakan kesedihan yang membuatnya menjadi cengeng.

  1. Tetap rileks

Cengeng memang suatu hal yang lumrah terjadi pada diri seorang anak, untuk itu saat si anak cengeng para orang tua sebaiknya jangan bingung. Santai saja dalam menyikapinya, namun anak harus tetap mendapatkan perhatian serta kasih sayang dari orang tua. Orang tua juga tidak boleh lupa dalam mengawasi kegiatan anak sehari-hari. Apabila anak sedang cengeng, orang tua dapat menanyakan mengapa ia cengeng, karena dengan hal tersebut orang tua dapat mencari solusi supaya si anak tidak cengeng kembali.

Semoga informasi mengenai cara mengatasi anak cengeng di atas dapat bermanfaat untuk para orang tua. Dengan begitu saat anak sedang cengeng anda dapat mengetahui apa solusi yang dapat membuat anak menjadi tidak cengeng lagi. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

Tulis komentarmu di kolom ini!