Beberapa Panduan Cara Menyetrika Baju Yang Benar Agar Hasilnya Rapi dan Wangi

Baju adalah hal yang sangat penting dalam sebuah penampilan, karena dengan baju orang dapat melihat kepribadian kita. Apalagi mengenai kerapian baju, hal tersebut sangatlah penting. Kerapian baju salah satunya dapat dilakukan dengan cara menyetrika baju. Menyetrika memanglah hal umum bagi semua masyarakat. Namun menyetrika pakaian yang tepat dan benar dapat membuat baju atau pakaian menjadi rapi tanpa kerutan. Berikut ini adalah cara menyetrika baju yang benar.

Panduan-Cara-Menyeterika-Baju-Yang-Benar

1. Sebelum disetrika siapkan baju dengan merapikan baju terlebih dahulu. Apabila ada kancing dalam pakaian sebaiknya satukan terlebih dahulu. Kemudian bagian kerah juga di rapikan terlebih dahulu, setelah itu baju siap untuk di setrika.

2. Sebelumnya Anda dapat menggunakan perapi pakaian yang banyak dijual di pasaran. Semprotkan perapi pakaian tersebut secara merata ke baju. Kemudian setrika baju mulai dari atas seperti kerah. Setelah kerah rapi, lanjutkan ke bagian bahu pakaian dan lakukan dengan pelan saja jangan cepat-cepat. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kerusakan pada pakaian.

3. Setelah bagian kerah dan bahu baju selesai di setrika, lanjutkan ke bagian lengan baju. Caranya setrika dari atas ke bawah hingga bagian pergelangan bagian baju apabila baju tersebut panjang. Lengan bagian belakang juga jangan lupa di setrika agar sama-sama rapi.

4. Setelah bagian lengan pada baju selesai di setrika, sekarang giliran menyetrika bagian badan baju. Setrika bagian badan baju dari atas hingga bawah secara teratur dan benar. Pelan-pelan saja agar baju tidak rusak. Sebelumnya Anda dapat menyemprotkan terlebih dahulu perapi pakaian. Setelah bagian depan selesai sekarang giliran baju bagian belakang yang di setrika. Semprotkan terlebih dahulu perapi pakaian baru di setrika. Lakukan dari atas ke bawah dengan pelan hingga rapi.

Saat menyetrika pakaian, ada hal-hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah suhu pada setrika. Saat menyetrika pakaian dengan bahan sintetis sebaiknya gunakan suhu yang rendah dari setrika tersebut. Kemudian untuk pakaian seperti kaos gunakan suhu yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu rendah. Ini bertujuan agar pakaian dapat rapi dengan baik.

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan adalah setelah menyetrika sebaiknya gantung pakaian menggunakan hanger. Maksudnya pakaian jangan dilipat, karena dengan dilipat maka pakaian akan memiliki pola-pola lipatan. Jadi pakaian menjadi kurang rapi, untuk itu gantung saja pakaian menggunakan hanger.
Menyetrika juga jangan terlalu cepat atau kasar, apabila hal tersebut dilakukan dapat membuat pakaian cepat rusak.

Untuk itu saat menyetrika jangan terburu-buru agar pakaian dapat benar-benar rapi. Selain itu jangan gunakan suhu setrika yang terlalu tinggi saat menyetrika, karena dapat membuat baju menjadi cepat rusak. Hindari juga meninggalkan setrika yang masih menyala,, karena salah-salah akan membuat baju Anda rusak yaitu menjadi berlubang.

Itulah tadi cara menyetrika baju yang benar. Semoga bisa bermanfaat dan menjadikan pakaian anda selalu rapi dan nyaman untuk digunakan.

Tulis komentarmu di kolom ini!