Bunda Sudah Tahu Belum Kandungan Dan Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil?

Ini dia kandungan dan manfaat buah sirsak untuk ibu hamil. Mitos yang beredar selama ini menyebutkan bahwa ibu hamil pantang mengonsumsi buah sirsak. Menurut mitos, buah sirsak dipercaya dapat menyebabkan timbulnnya masalah pada saat persalinan. Namun kenyataannya buah sirsak justru memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Sebaiknya anda memang harus pandai menimbang-nimbang informasi yang didapatkan, terlebih akan mitos.

apakah-aman-Buah-Sirsak-Bagi-Ibu-Hamil

Agar anda para ibu hamil lebih yakin bahwa mitos akan bahaya buah sirsak untuk ibu hamil tidak selamanya benar, berikut akan diuraikan apa saja manfaat buah sirsak untuk ibu hamil :

– Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah sirsak yang matang kaya akan kandungan vitamin C. Buah ini dapat dijadikan pilihan untuk pemenuhan vitamin C dan folat. Vitamin C itu sendiri bermanfaat bagi ibu hamil sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal. Sehingga bagi anda ibu hamil yang kerap beraktivitas di luar rumah, akan aman dari efek asap kendaraan atau sinar matahari. Selain itu, buah sirsak juga dapat mencegah panas dalam serta sariawan. Namun bagi ibu hamil dianjurkan mengonsumsi buah ini sekali dalam seminggu dengan jumlah yang tidak berlebihan.

– Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah sirsak mengandung banyak serat, sehingga dapat mengatasi masalah susah buang air besar secara alami. Serat bermanfaat bagi tubuh untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Pengolahan buah sirsak untuk ibu hamil yang paling tepat adalah dengan cara dijus.

– Menstimulasi Produksi ASI

Sama halnya seperti daun katuk, buah sirsak ternyata bermanfaat bagi ibu hamil untuk menstimulasi produksi ASI. Anda dapat mengonsumsinya di usia kandungan trimester akhir, sebagai persiapan untuk memperoleh colostrum dari ASI yang pertama kali keluar untuk bayi pasca melahirkan nanti.

– Resiko Diabetes Gestasional

Ketika kondisi tengah hamil, bisa terjadi peningkatan produksi insulin dan gula darah terlebih sehabis makan. Sehingga dapat menyebabkan terjadinya diabetes gestasional pada hamil. Hal ini bisa membahayakan ibu dan janin, karena beresiko terkena komplikasi. Pada ibu hamil, bisa terjadi hipertensi kronis, pembengkakan, kelebihan cairan ketuban dan kelahiran prematur. Potensi resiko bagi janin bisa memicu terkena penyakit kuning, dan jika ibu terkena diabetes gestasional bayi akan cenderung memiliki berat badan tinggi. Dalam hal ini, buah sirsak untuk ibu hamil adalah dapat mencegah resiko terkena diabetes gestasional pada ibu hamil. Obesitas menjadi salah satu faktor terkena diabetes, maka konsumsilah buah ini karena dapat menurunkan berat badan. Sehingga bisa menjaga berat badan anda agar tidak berlebihan.

Kandungan-Dan-Manfaat-Buah-Sirsak-Untuk-Ibu-Hamil

Meski memiliki banyak manfaat untuk anda para ibu hamil.Namun perlu diingat, sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsi buah ini, apalagi mengonsumsi dalam jumlah besar. Karena apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat membahayakan kondisi si ibu dan janin. Ibu hamil boleh mengonsumsi buah ini namun tetap harus di bawah pengawasan dokter kandungan anda.

Semoga informasi manfaat buah sirsak untuk ibu hamil di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Tulis komentarmu di kolom ini!

Add Comment