Cara Membuat Ramuan Tradisional Untuk Keputihan

Ramuan tradisional untuk keputihan. Banyak wanita yang mengeluhkan tentang keputihan. Keputihan atau yang disebut dengan Folur Albus adalah sekresi organ intim wanita yang pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan. Dua jenis golongan pada keputihan yaitu pertama keputihan normal dan yang kedua keputihan abnormal. Keputihan normal merupakan keputihan yang biasa terjadi setiap bulannya, yang muncul menjelang atau sesudah menstruasi ataupun pada saat masa subur. Cara Membuat Ramuan Tradisional Untuk KeputihanSedangkan keputihan abnormal merupakan keputihan yang disebabkan oleh infeksi yang menyebabkan rasa gatal di dalam vagina dan di bagian bibir vagina. Penyebab dari keputihan itu sendiri adalah tumbuhnya bakteri atau jamur pada daerah kewanitaan.

Gejala yang timbul pada keputihan normal adalah keluarnya cairan sekresi berwarna bening dan tidak lengket, tidak mengeluarkan aroma bau yang menyengat, terjadi menjelang atau sesudah menstruasi atau pada masa subur, dan gejala normal lainnya. Sedangkan gejala yang terjadi pada keputihan abnormal adalah keluarnya cairan yang berwarna kekuningan, putih pekat, atau putih kehijauan dari saluran vagina, dan cairan ini biasanya kental, kadang berbusa dan juga lengket, keluarnya aroma bau yang menyengat, dan rasa gatal pada daerah kewanitaan. Oleh karena itu perawatan daerah kewanitaan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan organ penting dari wanita tersebut. Berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk keputihan yang bisa anda gunakan :

  1. Ramuan tradisional untuk keputihan dengan menggunakan daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu bahan obat untuk keputihan secara alami. Caranya dengan merebus 5 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan air bersih sebanyak 1 liter. Rebus daun hingga air mendidih, kemudian setelah mendidih diamkan air hingga terasa hangat. Gunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci daerah kewanitaan. Selain untuk mencuci, air rebusan daun sirih ini dapat diminum. Lakukan cara ini secara rutin hingga keputihan kembali normal.

  1. Ramuan tradisional untuk keputihan dengan menggunakan kunyit

Kunyit adalah salah satu jenis umbi-umbian yang dapat membantu dalam mengatasi keputihan. Kandungan anti bakteri pada kunyit dapat membantu menyembuhkan masalah keputihan abnormal. Cara penggunaanya dengan siapkan 2 rimpang kunyit yang sudah dibersihkan, buah asam, satu genggam daun beluntas dan satu potong gula aren. Rebus bahan-bahan tersebut ke dalam 1 liter air yang sudah mendidih. Setelah air rebusan tersebut mendidih dan kemudian saring lalu minum air rebusan tadi sebanyak 1 gelas setiap hari. Untuk hasil yang maksimal buat ramuan air kunyit ini dalam waktu sebulan sekali.

  1. Ramuan tradisional untuk keputihan dengan menggunakan akar bayam

Akar bayam terkenal dapat membantu pengobatan keputihan. Kandungan anti bakteri pada tumbuhan ini dapat membantu dalam membunuh bakteri yang jahat di dalam vagina dan juga dapat mengatasi infeksi yang terjadi sebab keputihan pada wanita. Cara penggunaanya akar bayam digunakan sebagai jus, lalu jus akar bayam ini diminum 2 kali dalam sehari.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ramuan tradisional untuk keputihan di atas.

 

Tulis komentarmu di kolom ini!