Cara Mencegah Kanker Rahim Atau Kanker Serviks

Cara mencegah kanker rahim. Kanker rahim atau sering dikenal dengan sebutan kanker serviks merupakan jenis kanker yang paling ganas yang ditemukan pada kalangan wanita Indonesia. Perkiraan dari Departemen Kesehatan, ada sekitar 100 per 100 ribu kasus penduduk atau kurang lebih 200 ribu kasus kanker rahim setiap tahunnya. Banyak kaum wanita yang tidak mengetahui jika dirinya terkena kanker serviks, karena biasanya gejala kanker rahim pada stadium awal belum dirasakan. Apabila kasus pada stadium awal diketahui, maka penderita masih bisa disembuhkan dengan lebih baik. Namun jika kasus sudah dalam keadaan stadium lanjut maka dimungkinkan membutuhkan ketelatenan dalam masa pengobatan.

Faktor yang dianggap sebagai resiko terjadi kanker serviks adalah :

  • Usia perkawinan muda atau melakukan hubungan seks dini, yaitu dengan umur di bawah 20 tahun pada wanita.
  • Sering mengganti mitra seks. Bagi wanita pekerja seks, lebih memiliki resiko 4 kali lebih sering terserang kanker serviks.
  • Kurangnya kesadaran hygiene yang memungkinkan mudahnya terserang infeksi kuman.
  • Paritas tinggi atau seorang ibu yang melahirkan banyak anak.
  • Infeksi virus termasuk wanita yang terserah HIV.

 

Berikut ini cara mencegah kanker rahim atau kanker serviks :

  1. Jangan terlalu sering mencuci organ kewanitaan dengan menggunakan sabun

Terlalu sering mencuci organ kewanitaan dapat menimbulkan kanker rahim, baik dengan mencuci menggunakan sabun antiseptic untuk organ kewanitaan maupun deodoran. Kandungan pada sabun akan menyebabkan iritasi di serviks, dan seringnya iritasi akan merangsang terjadinya perubahan sel yang pada akhirnya berubah menjadi kanker.

 

  1. Menghindari rokok

Cara mencegah kanker rahim yang selanjutnya yaitu menghindari rokok. Kandungan pada rokok selain dapat mengakibatkan penyakit pada paru-paru dan juga jantung, kandungan nikotin dalam rokok juga dapat mengakibatkan kanker rahim atau kanker serviks. Kandungan nikotin pada rokok akan mempermudah semua selaput lendir sel-sel tubuh bereaksi secara cepat, dan akan berakhir pada timbulnya kanker.

 

  1. Banyak mengonsumsi Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C dapat memperbaiki atau memperkuat mukos serviks. Dan apabila kekurangan vitamin C maka akan menyebabkan timbulnya kanker rahim. Kandungan vitamin C terdapat pada buah-buahan yang berwarna orange.

 

  1. Menghindari hubungan seks terlalu dini

Hubungan seks idealnya dilakukan pada wanita yang usianya lebih dari 20 tahun, karena wanita tersebut sudah terbilang sebagai wanita yang matang. Dalam ukuran kematangan wanita bukan hanya dilihat dari sudah menstruasi, namun juga tergantung pada kematangan sel-sel mukosa yang terdapat di selaput kulit bagian rongga tubuh.

 

  1. Hindari sering berganti-ganti pasangan

Cara Mencegah Kanker Rahim Atau Kanker Serviks tertular penyakit kelaminyang menular. Berhubungan seks pada pria yang tidak setia akan beresiko pada daerah kewanitaan, karena akan mudah tertular oleh penyakit. Selain itu, anda juga harus menjaga kebersihan daerah kewanitaan pada saat setelah dan sesudah melakukan hubungan seks.

 

Demikianlah beberapa cara mencegah kanker rahim yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu di kolom ini!