Cara Mengajari Anak Berbicara Dengan Baik Agar Anak Menjadi Bisa Menjaga Sopan Santun

Memiliki anak memang suatu anugerah yang terindah dalam hidup khususnya bagi pasangan suami istri. Apalagi jika anak tersebut masih kecil dan memerlukan pembelajaran pada awal-awal kehidupannya. Pembelajaran tersebut antara lain belajar merangkak ataupun berjalan. Salah satu dari pembelajaran tersebut yang tidak kalah penting adalah belajar berbicara. Bagi orang tua perlu sekali menanamkan bagaimana cara mengajari anak berbicara yang baik, agar nantinya anak bisa berbicara dengan baik dan sopan.

Cara-Mengajari-Anak-Berbicara-Dengan-Baik

Sebagai orang tua anda dapat memberikan pelajaran yang ringan mengenai berbicara. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan :

  1. Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengajar anak belajar berbicara antara lain yaitu saat anak sedang melakukan sesuatu. Contohnya saat makan, anda dapat mengajarkan tentang apa yang sedang dilakukan. Misal dengan kata “ makan…nyam..nyam..” nah kata kata tersebut dapat anda ajarkan untuk si anak, bahwa sekarang anda sedang makan. Dengan begitu si anak juga akan mengikuti kata kata tersebut apabila sedang makan atau akan makan.
  1. Kemudian saat si anak mandi, anda dapat mengajarkan kata kata seperti “mandi…air…sabun…”. Saat mengatakan air, anda juga dapat mengguyurkan air ke badan si anak. Sehingga secara tidak langsung si anak akan belajar mengenai suatu benda yang sedang diguyurkan tersebut berarti air, begitupun sebaliknya dengan sabun.
  1. Cara mengajari anak berbicara memang membutuhkan kesabaran, karena anda tidak boleh begitu saja mengajarkan kata-kata kepada anak. Namun bahasa yang anda ajarkan juga harus tetap memenuhi etika, agar si anak secara tidak langsung juga belajar etika bahasa sejak dini.
  1. Cara mengajari anak berbicara yang lainnya yaitu dengan membacakan anak sebuah dongeng. Dengan dongeng tersebut pasti si anak juga akan merespon, dengan respon tersebut anda dapat mengajaknya berbicara dengan kata-kata sederhana yang dapat anak pahami. Membacakan dongeng untuk si anak dapat anda lakukan pada saat si anak akan tidur, atau saat anak dalam keadaan santai. Karena dalam keadaan tersebut si anak akan cepat menyerap pelajaran pelajaran sederhana yang sedang diberikan.
  1. Ajak lah si anak bermain sesuatu yang dapat membuat konsentrasi. Misalnya seperti bermain lego, menggambar, dan puzzle. Saat si anak sedang bermain permainan tersebut, anda juga dapat menyelingi dengan pertanyaan-pertanyaan kepada anak, seperti pertanyaan “sedang apa?”, “apa yang sedang di gambar atau dibuat?”, dan lain sebagainya. Dengan begitu ia akan menjawab sekaligus belajar berbicara.
  1. Cara mengajari anak berbicara juga dapat anda lakukan dengan melihatkan anak dengan video-video tentang hewan, kartun, ataupun video lain yang sifatnya mengedukasi. Dengan begitu anda akan memancingnya untuk berkata kata, sehingga si anak juga akan berbicara.

Demikianlah beberapa cara mengajari anak berbicara yang baik dan benar. Jika anda melakukannya dengan baik, maka perkembangan berbicara anak anda bisa lebih cepat. Selamat mencoba.

Tulis komentarmu di kolom ini!