Catat! Inilah Penyebab Online Shop Kehilangan Konsumen

Menjalankan bisnis dengan online memanglah bisa dikatakan gampang-gampang susah karena membutuhkan kepercayaan dari konsumennya. Kepercayaan dari konsumen merupakan kunci kesukesan sebuah online shop. Saat kepercayaan itu hilang maka online shop bisa kehilangan konsumen dan dampak lebih lanjutnya adalah kehilang pasar dan tidak lagi bisa menjualkan produknya.

Penyebab-Online-Shop-Kehilangan-Konsumen

Apakah hanya kepercayaan yang membuat online shop kehilangan konsumen? Ternyata masih ada penyebab lainnya. Apa sajakah penyebab online shop kehilangan konsumen? Ini dia informasi dan ulasan selengkapnya.

Pelayanan Yang Tidak Ramah

Pelayanan adalah hal yang sangat penting untuk tetap dijaga oleh sebuah online shop. Jika pelayanan yang diberikan tidak ramah maka online shop kamu pasti akan mulai ditinggalkan. Kenyamanan adalah hal yang sangat penting untuk diberikan kepada para pembeli agar mereka merasa kerasan saat berkunjung ke online shop kamu. Jangan sampai anda berkata kasar dan cuek terhadap konsumen yang memberikan banyak pertanyaan ataupun mereka yang kadang menyebalkan. Sekali kamu mengeluarkan kata kasar ataupun pelayanan yang membuat mereka marah maka kepercayaan konsumen akan berkurang.

Barang Tidak sesuai dengan Gambar yang Ditampilkan

Ketidakpuasan akan datang apabila barang yang diterima oleh konsumen tidak sesuai dengan gambar yang ada di online shop yang kamu kelola. Penyebab orang membeli biasanya karena gambar yang ditampilkan menarik dan membuat mereka jatuh hati. Menjualkan produk yang tidak sesuai dengan apa yang ditampilakn juga merupakan bentuk sebuah penipuan. Jadi juallah produk yang memang sesuai dengan apa yang ditampilkan agar tidak ada yang merasa kecewa. Berikan foto yang memang menggambarkan kondisi produk yang sesungguhnya dan tidak perlu terlalu berlebihan dalam melakukan pengeditan gambar.

Pengiriman barang lama dan tidak adanya kepastiaan

Saat barang sudah dibeli maka proses selanjutnya yang akan kamu lakukan adalah melakukan pengiriman barang. Akan tetapi biasanya pengiriman barang juga bisa membuat konsumen menjadi dilema dan risau. Penyebabnya adalah waktu pengiriman yang tidak sesuai dengan waktu yang sudah kamu janjikan sebelumnya.

Untuk menjaga kepercayaan konsumen, maka kamu harus segera mengirimkan resi pengiriman sebagai bukti bahwa barang yang sudah dipesan memang sudah dikirim. Semakin cepat pengiriman barang dilakukan maka konsumen akan merasa puas dan semakin percaya dengan profesionalitas online shop kamu.

Packing Tidak Rapi

Packing barang harus dilakukan dengan baik dan rapi. Kerapian packing juga akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kalau konsumen melihat barang yang dipesan datang dengan rapi maka dia pasti akan merasa sangat senang. Jadi jangan asal-asalan ya agar konsumen merasa puas. Selain itu pastikan packing yang kamu lakukan memang bisa menjaga barang dalam keadaan yang tetap utuh dan tidak ada kerusakan yang ditimbulkan nantinya.

Harga Yang Tidak Terjangkau

Harga yang ditawarkan oleh online shop biasanya akan lebih murah daripada harga offline. Dan itulah yang menjadi daya tarik dari online shop. Jadi dalam menentukan harga pastikan bahwa harga yang ditawarkan memang sesuai dan berbanding lurus dengan kualitas produk yang kamu jualkan. Kalaupun kamu menjualkan dengan harga tinggi maka kamu bisa memberikan free ongkir agar konsumen tetap percaya dan membeli di online shop yang kamu kelola.

Itulah beberapa penyebab online shop kehilangan konsumen. Semoga dengan informasi ini bisa membuat online shop kamu tetap terjaga kepercayaannya.

Tulis komentarmu di kolom ini!