Haruskah Memberikan Gadget Pada Anak?

Perkembangan dunia terutama teknologi semakin hari sangatlah pesat. Hampir setiap detiknya ada saja versi terbaru dari berbagi perangkat terutama gadget. Gadget saat ini sudah sangat banyak sekali macamnya, mulai dari smartphone, notebook, netbook, Tab, ipad, dan perangkat canggih lainnya. Anak-anak SD saat ini gadget paling minimalnya adalaha Smarphone layar sentuh. Lalu, pertanyaan yang muncul adalah memang haruskah memberikan gadget pada anak? Sudahkah mereka benar-benar membutuhkannya? Sebelum orang tua nantinya salah langkah lebih baik pertimbangkan dulu hal-hal berikut ini sebelum memberikan gadget pada anak.

Untuk anak yang sudah masuk sekolah SMP dan SMA, saat ini laptop adalah perangkat yang sudah dibutuhkan oleh mereka dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah yang sudah mulai dilakukan atau diberikan secara online baik via email ataupun via internet. Perangkat lainnya yang selalu ada pada setiap anak saat ini adalah telepon genggam. Dengan telpon genggam yang dimiliki, orangtua akan lebih mudah pula untuk mencari tahu kondisi dan apa yang sedang anak lakukan saat pulang terlambat.

Memberikan Gadget Pada Anak

Akan tetapi gadget yang canggih itu bisa saja disalah gunakan oleh anak, makanya sebelum memberikan gadget pada anak sebaiknya orangtua melakukan hal-hal sebagai berikut ini agar anak tidak jatuh dan terjebak pada hal-hal yang bisa merugikan dirinya dan juga orang lain karena gadget itu sendiri.

Tips sebelum memberikan gadget pada anak

Ini dia beberapa tips yang bisa orangtua terapkan sebelum memberikan anak sebuah gadget agar tidak terjadi penyalahgunaan gadget.

  1. Orangtua harus paham apa itu gadget

Syarat pertama sebelum memberikan gadget pada anak adalah orangtua harus paham betul apa itu gadget. Saat orangtua tidak paham mengenai apa itu gadget maka efek yang akan ditimbulkan bisa sangat mengkhawatirkan apalagi saat ini hampir semua informasi ada di internet. Entah itu informasi yang baik ataupun yang buruk semua bisa diakses dengan sangat mudah. Untuk mencegah kekhawatiran semacam inilah orangtua juga harus memahami terlebih dahulu apa itu gadget sebelum memberikannya kepada anak.

  1. Buat perjanjian dengan anak

Sebelum memberikan gadget pada anak, buatlah sebuah perjanjian kepada anak. Kalau sampai janji itu dilanggar dan tidak dipatuhi maka konsekuensinya adalah gadget akan dimina kembali oleh orangtua. Misalnya buatlah kesepakatan untuk tidak menggunakan gadget saat sedang berkumpul bersama keluarga. Orangtau berhak memeriksa apa yang ada di dalam gadget dan perjanjian lainnya yang membuat anak patuh dan tidak memakai gadget sembarangan.

  1. Batasi penggunaan gadget bagi anak

Setelah dilakukan perjanjian awal, lakukanlah pual pembatasan pemakai gadget bagi anak. Hal ini perlu dilakukan agar anak tidak selalu bermain dengan gadgetnya. Dia masih punya dunia laini di luar sana yang lebih menyenangkan dari sekedar gadget. Selain itu tidak semua momen harus diabadaikan ke dalam foto karena momen indah pasti akan selalu terekam di otak kita.

  1. Awasi penggunaan gadget pada anak

Selalu lakukan pengawasan dari gadget yang sudah diberikan kepada anak. Ketika anak sedang tertidur atau pergi dan gadgetnya di rumah, ceklaha gadgetnya agar sebagai orangtua bisa tetap mengetahui apa yang anak lakukan dengan gadgetnya.

  1. Berikan gadget sesuai kebutuhannya

Jangan berlebihan ketika memberikan gadget pad anak. Berikan gadget yang memang sesuai dengan kebutuhannya. Kalau hanya untuk saling bertelepn saja, cukuplah menggunakan gadget yang tidak perlu terlalu mahal dan canggih karena hanya akan membuat anak terlena dan nantinya susah lepas dari gadget.

Itulah tips yang sudah bisa ayah dan bunda praktekan sebelum memberikan gadget pada anak agar tidak terjadi penyalahgunaan kepercayaan. Semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu di kolom ini!