Hei Girls, Outfit Film-Film Indonesia Ini Bisa Kamu Jadikan Referensi Fashion Lho!

Tidak ada yang menyangkal bahwa film adalah salah satu media hiburan yang paling efektif. Dari film, penonton bisa mendapatkan banyak hal yang bermanfaat. Bisa jadi itu hiburan, pesan moral, bahkan trend berbusana.

Nah girls, seperti peribahasa ‘sambil menyelam, minum air’, kamu bisa mendapatkan manfaat ganda dari menonton sebuah film. Selain menghilangkan penat tentunya, tahukah kamu bahwa film juga bisa menginspirasi gaya fashion kamu? Yup, berikut ini inspirasi fashion yang bisa kamu lihat dari beberapa film Indonesia.

1. Bergaya Sosialita Elegan Seperti Dalam Film ‘Arisan! 2’

‘ Arisan! 2’ via conq.me

Pernah menonton film ini? Film yang merupakan kelanjutan dari film pertama ‘Arisan!’ tahun 2003 silam, merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibuat oleh sineas Indonesia. ‘Arisan! 2’ yang masih disutradarai oleh Nia Dinata, sukses menggabungkan sisi cerita yang apik dengan outfit tokoh-tokohnya yang menarik.

Seperti film pertamanya, ‘Arisan! 2’ masih menceritakan bagaimana kehidupan kaum sosialita dengan beragam permasalahan masing-masing. Mulai dari persahabatan, percintaan, bahkan fashion! Nah, fashion ini jadi salah satu hal menarik untuk dibahas.

Di film ini, ditampilkan bagaimana para wanita sosialita ber-fashion dengan gaya yang anggun dan berkelas. Bahkan ada adegan ketika mereka memamerkan busana masing-masing untuk sebuah foto cover majalah. Baju-baju yang mereka pakai sangat bisa dijadikan referensi fashion ketika kamu akan menghadiri pesta mewah atau sekedar pesta promnight di sekolah.

Lihat tokoh-tokoh wanita dalam film ini! Seakan mereka sedang menunjukan bagaimana mestinya berbusana sesuai dengan tempat, acara, dan bahkan polesan make up. Bukan hanya itu girls, mereka juga ‘memamerkan’ aksesoris-aksesoris kece yang dipadupadankan dengan busana yang dipakai.

Namun girls, tidak semua contoh-contoh fashion yang ditampilkan di film ini layak ditiru. Kadang ada yang cenderung terlihat norak dan dipaksakan. Memang sih biasanya yang ber-fashion seperti itu untuk karakter yang diceritakan ‘norak dan lebay‘. Contohnya baju super duper ribet yang dipakai tokoh Andien. Dia mengenakan gaun panjang, padahal akan naik perahu dalam adegan menyebrang ke Pulau Lombok. That’s weird!

Tapi, kamu sih pastinya lebih pinter dalam memilih fashion mana yang sesuai waktu dan tempat. Iya, kan, girls?

2. Beragam Trend fashion Sesuai dengan Karakter, Bisa Dilihat Dalam Film ‘Catatan Harian Si Boy’

‘Catatan Harian Si Boy’ via www.youtube.com

Film yang merupakan spin off dari film lawas ‘Catatan Si Boy’ ini, bisa kamu jadikan referensi fashion berikutnya. Meskipun film ini dirilis pada tahun 2011, bukan berarti outfit karakter-karakternya sudah ketinggalan jaman. Busana-busana yang dipakai masih bisa tampil catchy untuk digunakan di tahun-tahun sekarang.

Nilai tambah dari fashion dalam ‘Catatan Harian Si Boy’ adalah gaya berbusana yang disesuaikan dengan karakter dari tiga orang tokoh wanita dalam film ini. Seakan tiga tokoh itu mewakili beberapa karakter perempuan di Indonesia.

Carissa Putri yang anggun dan cantik dengan balutan pakaian yang elegan dan dewasa. Poppy Sovia dengan gaya berpakaian boyish, namun kesan seksinya masih bisa terlihat. Dan Tara Basro yang mewakili karakter gadis belia dengan outfit yang disesuaikan dengan umurnya, simple, casual dan catchy.

Selain itu, dalam film ini juga dipamerkan aksesoris-aksesoris cewek yang super kece. Kamu pasti bakalan mupeng saat melihat tas dan perhiasan super anggun yang dikenakan Carissa Putri pada setiap adegan hang out. Belum lagi sepatu-sepatu si Poppy Sovia yang terkesan tomboy tapi tetap keren dilihat. Dan jangan lupakan juga desain baju lucu dengan aksesoris tak kalah lucu milik Tara Basro.

And finally, you are cordially suggested to watch ‘Catatan Harian Si Boy’.

3. Gaya Klasik ala Pevita Pearce Dalam Film ‘Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck’

Scene ‘Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck’ via perahukayu.wordpress.com

Cantik, elegan, berkelas dan klasik, itulah kesan yang barangkali akan terbesit di dalam benak kamu saat melihat gaya berbusana tokoh ‘Hayati’ dalam film ‘Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (TKVDW)’. Barangkali penata busana di film ini ingin menunjukan gambaran berbusana para wanita bangsawan pada jaman dalam film itu (tahun 30-an). Meskipun kesannya terlalu modern untuk dikenakan pada masa itu, outfit dalam ‘TKVDW’ masih layak kamu jadikan sebagai referensi fashion.

Permainan warna yang catchy dengan paduan aksesoris klasik seperti topi fedora berhias bunga, dijamin membuat penampilan kamu lebih kece. Atau, gaya-gaya bak seorang wanita rumah tangga yang masih tampak cantik dan memikat. Dan yang lebih anggun lagi saat Hayati mengenakan gaun mewah yang dikenakannya saat berdansa dengan sang tunangan.

Tatanan make up dan rambut juga sesuai sekali dengan pakaian yang sedang dipakai. Satu poin lagi buat kamu girls. Secantik apapun pakaian yang kamu kenakan, kalau make up kamu ‘amburadul’, ya nggak istimewa. Ibarat kata, kurang nendang!

Banyak sekali fashion lain dalam film ini yang bisa kamu coba. Tonton filmnya, deh!

4. Buat Kamu yang Ingin Tampil Kece di Kantor, Tonton ‘Kapan Kawin?’

Scene ‘Kapan Kawin?’ via thebridedept.com

Kata siapa penampilan ngantor harus biasa saja? Mungkin dulu waktu jaman sebelum kemerdekaan, penampilan saat kerja tidak terlalu penting untuk dipikirkan. But, not now! Saat perkembangan dunia fashion melaju cepat. Kamu tidak mau kelihatan jelek diantara teman-teman kerjamu, kan?

Penampilan yang menarik sudah wajib hukumnya buat para ladies, bahkan pada saat kamu ngantor sekalipun. Ingat itu, girls! Bukan hanya akan menambah rasa percaya dirimu, tapi juga menunjukan respek terhadap orang lain. Orang lain juga tidak mau melihatmu kelihatan kucel, jadul, dan membosankan. Apalagi kalau pekerjaanmu langsung berhubungan dengan client, penampilan yang catchy is a must!  

Dalam film ‘Kapan Kawin?’, karakter yang dibawakan oleh aktris berbakat Adinia Wirasti, digambarkan sangat memperhatikan penampilan. Lihat bagaimana kecenya pakaian-pakaian yang dikenakannya saat ngantor. Berani mencampuradukan gaya modern dengan tradisional adalah salah satu ide berbusana dalam film ini. Brilliant! Selain memamerkan trend fashion saat di kantor, outfit yang dikenakan sehari-hari oleh Adinia Wirasti dalam ‘Kapan Kawin?’ juga tak kalah kece lho!

5. Hei Hijabers, Tonton ‘Hijab’!

Scene ‘Hijab’ via seleb.tempo.com

Layaknya pagelaran busana muslim yang ditampilkan dalam media film, itu adalah salah satu gambaran film ‘Hijab’. Film arahan Hanung Bramantyo yang rilis 2015 ini, memang mengusung tema hijab fashion. Sudah barang tentu beragam bentuk variasi pakaian hijab dipamerkan di film ini. Mulai dari hijab panjang yang dikenakan oleh Zaskia Adya Mecca, hijab penuh warna dan aksesoris milik Carissa Putri, hingga gaya hijab yang dipakai oleh Tika Bravani.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan tips seputar pemilihan hijab yang tepat sesuai karakter dan pribadimu. Mulai dari tips perpaduan warna dan kain yang kece, sampai gaya hijab yang sesuai dengan usia. Menarik, bukan?

Bagi kamu yang memang memilih untuk berhijab, gaya-gaya hijab dalam film ini layak banget untuk dijadikan referensi. So, kamu masih bisa tampil menarik dan fashionable tanpa harus umbar aurat

Tapi ingat Girls, berhijab fashion boleh-boleh saja, hanya jangan berlebihan. Hijab yang terlalu banyak detail dan aksesoris akan membuat kesan ramai dan tidak enak dipandang.

Nah, itulah beberapa contoh referensi fashion yang bisa kamu lihat dari film. What’s your favorite, then? Tapi tetap sesuaikan dengan karakter, dan tentunya budget kamu ya, girls! 

Tulis komentarmu di kolom ini!