Inilah 8 Cara Aman Menjaga Daerah Kewanitaan

Dalam kehidupan pastilah kita harus bisa menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh. Dengan memiliki tubuh yang sehat dan juga bugar, maka kita dapat mengerjakan aktivitas sehari-hari dengan prima. Kita dapat mulai melakukan perawatan dari rambut hingga kaki, dan kita juga wajib menjaga daerah intim termasuk pada wanita. Daerah kewanitaan bagi wanita adalah bagian tubuh yang sangat penting, apalagi bila wanita tersebut sudah menikah. Cara Aman Menjaga Daerah KewanitaanTerkadang sering kali terlewat dalam urusan perawatan daerah kewanitaan, karena biasanya para wanita lebih terfokus pada perawatan kulit dan juga wajah. Daerah kewanitaan merupakan bagian dari tubuh wanita yang sangat membutuhkan perawatan yang cukup ekstra. Kadar pH yang ada di daerah kewanitaan harus dalam kadar normal. Jika kadar pH didaerah kewanitaan tidak normal, maka akan menyebabkan mudahnya bakteri atau jamur tumbuh. Pada wanita yang tinggal di daerah iklim tropis maka lebih cenderung panas dan akan mudah berkeringat, dan akhirnya bagian-bagian tubuh akan menjadi lembab. Berikut ini cara menjaga daerah kewanitaan yang bisa anda lakukan

1. Membersihkan daerah kewanitaan secara teratur

Caranya dengan membasuh daerah kewanitaan menggunakan air bersih, dan usahakan membersihkannya dari bibir daerah kewanitaan ke belakang. Hindari membersihkan secara terbalik, karena nanti bakteri yang terdapat di anus bisa terbawa ke vagina.

2. Mencuci daerah kewanitaan dengan air bersih dan hindari sabun

Kandungan sabun yang ada akan membunuh bakteri baik yang ada di sekitar daerah kewanitaan. Sabun juga dapat mengubah pH normal yang ada.

3. Selalu usahakan daerah kewanitaan tetap kering

Cara menjaga daerah kewanitaan ini dilakukan dengan membiasakan untuk mengeringkan daerah kewanitaan setelah dibasuh. Anda bisa mengeringkannya menggunakan handuk kering atau tissu.

4. Ganti celana dalam minimal 2 kali dalam sehari

Bagi wanita yang memiliki aktifitas padat, diharapkan untuk bisa lebih sering mengganti celana dalam. Cara menjaga daerah kewanitaan ini dilakukan agar lebih nyaman. Atau anda bisa menggunakan pentyliners.

5. Hindari memakai celana dalam dengan bahan sintetis

Hal ini dikarenakan celana dalam yang menggunakan bahan sintetis lebih mudah basah, dan juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kering.

6. Mencuci daerah kewanitaan sebelum berhubungan intim

Untuk yang sudah menikah, sebelum melakukan intim sebaiknya mencuci daerah genital terlebih dahulu, dan setelah melakukannya pun diharapkan mencuci daerah kewanitaan. Hal ini dilakukan agar vagina tetap terjaga kebersihannya, menghilangkan bau, dan terhindar dari infeksi.

7. Menghilangkan rambut yang ada di daerah kewanitaan secara rutin

cara menjaga daerah kewanitaan bisa dilakukan dengan mencukurnya. Rambut yang terlalu lebat akan membuat daerah kewanitaan menjadi lembab, dan akan menyebabkan munculnya baud an infeksi bakteri.

8. Mengganti pembalut

Saat sedang menstruasi gantilah pembalut 3 sampai 4 jam sekali, dan hindari penggunaan tampon. Ini karena tidak higienis, sehingga dapat menyebabkan bakteri atau meningkatkan pertumbuhan bakteri di daerah kewanitaan.

Demikianlah beberapa cara menjaga daerah kewanitaan yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu di kolom ini!