Macam Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil

Ibu Hamil sangat perlu sekali untuk memperhatikan menu makanan yang mereka konsumsi agar sang janin yang ada di dalam kandungan bisa memperoleh asupan gizi yang sehat dan juga bisa lahir dengan kondisi yang sehat pula. Salah satu hal yang bisa ibu hamil lakukan adalah dengan mengkonsumsi sayuran lebih banyak terutama sayuran hijau.

Namun, sudahkah kamu tahu macam – macam sayuran sehat sehat untuk ibu hamil itu apa saja? Kalau belum tahu maka kamu wajib membacanya sampai selesai. Yuk dimulai saja pembahasannya.

Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil

  1. Terong Ungu

Sayuran sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah terong ungu. Kandunga asam folat yang tinggi dalam terong ungun berperan penting untuk mencegah terjadinya kerusakan otak pada sanga bayi yang berada di dalam kandungan.

makan-sehat-untuk-ibu-hamil-muda-terung-ungu

Terong ungu juga mengandung serat kalori, zat besi, protein dan vitamin B1, B2, C yang sangat baik untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

  1. Jagung

Jagung mengandung Vitamin B12 yang bisa menjaga ibu hamil dari anemia dan juga berperan untuk menjaga keseimbangan tubuh ibu hamil. Sayur sehat untuk ibu hamil ini bisa kamu konsumsi dengan sangat mudah sekali. Tinggal direbus ataupun dibakar.

makanan-yang-baik-untuk-ibu-hamil-trimester-pertama-jagung

Kandungan lain dalam jagung seperti protein dan kalium berperan untuk menjaga tubuh ibu hamil agar tetap sehat, berfungsi dengan tepat dan juga bisa menjaga kekebalan tubuh dari si ibu hamil.

  1. Daun Singkong

Daun singkong kaya akan antioksidan yang bisa mecegah masuknya radikal bebas. Jadi untuk para ibu hamil yang memiliki potensi terkena serangan radikal bebas lebih tinggi bisa memebetengi tubuhnya dengan daun singkong. Khasiat lainnya adalah bisa menvegah penyakit kanker dan juga tumor.

makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-muda-khasiat-daun-singkong

  1. Daun katuk

Pastinya sudah tahukan kalau daun katuk ini sangat baik untuk ibu hamil agar produksi susu untuk masa menysusi nanti tetap banyak sehingga prose menyusui bayi akan lebih lancar dan juga bayi akan mendapatkan ASI secara ekslusif dan tanpa bantuan susu formula.

makanan-untuk-ibu-hamil-muda-Khasiat-Daun-Katuk

  1. Bayam dan Brokoli

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran dengan warna – warna hijau tua ataupun pekat. Selain daun singkong, bayam dan brokoli juga masuk ke dalam kategori sayuran dengan warna hijau pekat yang mengandung banyak nutrisi dan juga zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

kehamilan-trimester-pertama-bayam-dan-brokoli

Jadi tunggu apalagi, konsumsilah sayur setiap hari ya apalagi bagi kamu yang sedang hamil.

  1. Kedelai Jepang

Kedelai yang berasl dari Jepang ini memang mengandung banyak zat gizi yang baik bagi tubuh, diantaranya vitamin C, vitamin K, fosfor, kalium, mangan, protein, riboflavin, magnesium dan zat besi. Di Jepang sana kedelai ini memang sering dikonsumsi dengan cara dibuat menjadi sup ataupun cemilan sehat.

makanan-terbaik-untuk-ibu-hamil-kedelai-jepang

Kedelai yang berukuran lebih besar dari kedelai pada umumnya ini juga mengandung protein nabati tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh terutama para ibu yang sedang hamil.

  1. Kangkung

Mengkonsumsi sayur kangkung saat hamil sangat baik sekali karena kangkung bisa membantu ibu hamil agar tidak terkena diabetes di masa kehamilannya. Selain itu kangkung juga mengandung nutrisi lain yang bisa melancarkan ASI.

Sayuran-Sehat-Untuk-Ibu-Hamil-kangkung

  1. Labu Siam atau Jipang

Labu siam atau Jipang mengandung banyak serat. Serat yang ada dalam Jipang apabila dikonsumsi akan membantu ibu hamil dalam mengatasi masalah pencernaan yang sering muncul saat masa kehamilan.

makanan-sehat-untuk-ibu-hamil-Gambar-labu-siam

Kandungan asalm folat dalam sayur sehat ibu hamil ini juga sangat baik untuk pertumbuhan jadi dan juga bisa mengurangi resiko terjadinya cacat pada janin.

Itulah 8 jenis sayuran sehat ibu hamil yang baik sekali apabila kamu rutin mengkonsumsinya. Sayuran memang jenis makanan yang memang sehat dan sangat perlu untuk dikonsumsi setiap hari. Semoga bermanfaat.

 

Tulis komentarmu di kolom ini!