Mau Mendidik Anak Di Usia Emas Mereka? Begini Caranya…

Anak-anak adalah masa yang paling mengasyikan dan penuh dengan petualangan. Masa dimana paling dekat dengan keluarga dan juga mas untuk mempelajari banyak hal. Usia 1-5 tahun adalah usia emas anak-anak. Untuk itu sebagai orang tua ayah dan bunda harus bisa menjadi panutan dan teladan yang baik. Sebagai referensi, kami akan membagikan tisp mendidik anak di usia emas untuk para orangtua.

Saat anak di usia emas mereka, segala hal yang mereka amati, mereka lihat dan mereka lakukan semua mengikuti orang tua dan orang-orang di sekitarnya. Usia emas ini usia yang sangat menentukan karakter, etika, dan kepribadian si anak di masa mendatang. Terkadang banyak orangtua yang mengabaikan usia emas ini karena kurangnya informasi. Untuk itu, kami akan berikan tips cara mendidik anak di usia emas untuk para orangtua. Selamat membaca.

Tips Cara Mendidik Anak Di Usia Emas Mereka

  1. Ciptakan Komunikasi Yang Baik Dengan Sang Anak

Komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi perkembangan anak di usia emas. Namun di usianya yang masih sangat dini ini anak masih sangatlah polos. Jadi orangtua harus mengerti betul dan memahami anak saat mereka melakukan kesalahan. Hal ini karena memang pengetahuan mereka masihlah sangat terbatas.

Jadi berikanlah pengertian dan penjelasan kepada anak dengan baik dan cara yang baik agar mereka bisa memeahami apa kesalahan mereka dan bisa memperbaikinya. Hindarilah memarahi anak karena memang belum waktunya juga anak di usia emas ini mengerti akan semua hal.

  1. Jadilah Teladan Bagi Anak

Kalau ayah bunda ingin anak tumbuh dengan baik dan bisa memaksimalkan usia emas mereka maka jadilah contoh dan panutan yang baik bagi mereka. Di usia 1-5 tahun anak sedang meniru sebanyak mungkin apa saja yang mereka lihat.

Jadi, kalau mau anak anda jujur, jujurlah pula pada sang anak. Kalau mau anak jadi pemberani jangan takut-takuti mereka dengan hal-hal yang aneh saat anak tidak memenuhi apa yang diperintahkan. Ingatlah pepatah buah yang jatuh tidak jauh dari pohonnya.

  1. Bangun Kreatifitas anak dengan bermain bersama

Anak lebih suka belajar dari apa yang sudah pernah mereka kerjakan. Jadi, daripada melakukan perintah secara berulang-ulang dan tidak membuahkan hasil yang berarti lebih baik lakukan saja kegiatan bersama anak yang bisa membuat anak mengerti dan juga meningkatkan kreatifitas anak di usia emas mereka.

mendidik-anak-diusia-emas

Dengan bermain bersama, anak akan memiliki kedekatan emosional yang lebih baik kepada oarangtuanya. Asyik bukan kalau melihat mereka tumbuh dengan ceria dan kelak jadi anak yang kreatif?

  1. Berikan Kasih Sayang Yang Tulus dan bersikaplah Lemah Lembut

Saat orangtua memberikan kasih sayang yang tulus dan diperlakukan dengan cara yang lemah lembut, anak akan merasa nyaman, bahagia dan juga merasa terlindungi. Secara emosional juga anak akan memeiliki kecerdasaan yang lebih baik dari anak yang diperlakukan dengan cara yang kurang baik.

Kecerdasaan anak di usia emas juga sangat dipengaruhi oleh sikap dari orangtuanya. Hal lain yang akan diperoleh oleh anak saat diperlakukan dengan lemah lembut adalah tampil dengan penuh percaya diri.

  1. Tegaslah pada anak bukan Keras

Persepsi tegas dan keras pada umumnya masih dianggap sama. Padahal yang namanya tegas itu tidak harus keras. Dan yang keras itu tidaklah menunjukan sikap yang tegas. Tegas itu adalah saat orangtua bilang salah, maka biarkan anak mengakui kesalahan mereka dan harus menerima konsekuensinya bukan mlaha dimarahi karena ini akan membuat anak melawan.

Tegas itu gak harus dengan marah tapi bisa dengan memberikan konsekuensi kepada anak atas apa yang mereka lakukan.

Itulah beberapa cara mendidik anak di usia emas mereka. Semoga bemanfaat dan bisa menambah informasi bagi para orangtua.

Tulis komentarmu di kolom ini!