Para Wanita Waspadai 5 Kanker Berbahaya Yang Ditandai Dengan Sakit Saat Bercinta

Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Khusus untuk wanita, waspadai 5 kanker berbahaya yang ditandai dengan sakit saat bercinta. Merasakan sering sakit saat bercinta bisa jadi kamu mengalami kanker. Sebaiknya kamu segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui sedini mungkin itu kanker atau bukan. Kanker yang sering menyerang wanita, ada Kanker Rahim, Kanker Serviks, Kanker Vagina, Kanker Ovarium dan Kanker Vulva. Jadi, jangan maul – maul untuk menceritakannya kepada dokter sebagai langkah awal pencegahan kanker.

rasa-sakit-saat-bercinta-berhubungan-intim

Menurut Survey yang dilakukan oleh The Eve Appeal, Satu dari empat orang wanita yang ditanya mengenai masalah kanker ini memilih untuk menunda pembahasan gejala – gejala kanker pada wanita ini, karena merasa hal ini akan berujung pada pembahasan kehidupan seksualnya. 40 persen wanita memiliki stigma yang melekat mengenai lima kanker ini.

Kemudian satu dari lima wanita juga percaya kalau jenis – jenis kanker ini memang ada hubungan erat dengan hubungan seksual yang dilakukan oleh seseorang. Stigma yang tertanama pada wanita ini membuat wanita enggan untuk menceritakan kisah hubungan seks mereka karena merasa tabu untuk diperbincangkan.

Langsung saja kita bahas ke lima kanker berbahaya pada wanita yang ditandai dengan sakit saat bercinta. Untuk lebih lengkapnya berikut kami berikan informasi yang berhubungan dengan ginekologi dan gejala kanker yang perlu diketahui oleh wanita.

1. Kanker Serviks

Kanker yang sering menjadi pembunuh wanita ini dapat dideteksi dini apabila terjadi pendarahan yang luar biasa pada vagina, apalagi setelah berhubungan seks. kanker yang memiliki nama lain kanker leher rahim ini biasanya menyerang wanita usia 30 sampai 45 tahun.

tanda-tanda-terkena-kanker-serviks

 

Kanker serviks biasanya terjadi karena terjadi infeksi Human Papillomavirus (HPV) dan bisa menular ketika seorang wanita melakukan hubungan seks yang beresiko. Kanker ini sudah bisa dicegah dan diobati karena sudah ada vaksin yang bisa membunuh HPV yang menjadi penyebabnya. Walaupun demikian pemeriksaan rutin harus tetap dilakukan.

2. Kanker Vagina

Kanker yang satu ini bisa dibilang kanker yang sangat langka dan jarang dialami oleh wanita. Kanker berbahaya yang satu ini juga lebih sering dijumpai pada wanita yang sudah berusia 60 tahun ke atas.

Gejala awalnya adalah terjadi pendarahan pada vagina setelah berhubungan seks, muncul keputihan yang berbau serta ada noda berupa bercak darah dan juga terjadi pendarahan saat menopause. Namun dalam beberapa kasus kanker ini juga bisa datang tanpa adanya tanda – tanda kalau kamu terserang kanker vagina ini. Jadi pemeriksaan rutin harus terus dilakukan saat mulai muncul keanehan pada area Miss V kamu.

3. Kanker Rahim

Kanker berbahaya berikutnya adalah kanker rahim. Kanker ini adalah kanker yang sering menyerang wanita diatas 50 tahun, wanita yang mengalami obesitas dan juga diabetes. Untuk bisa mencegah kanker rahim ini, kamu harus membiasakan diri untuk menjaga pola hidup yang sehat dan bersih. Menurut The Eve Apple juga menyatakan bahwa alat kontrasepsi oral bisa menjadi salah satu pencegah kanker rahim ini.

4. Kanker Ovarium

Kanker yang menyerang indung telur ini sangat beresiko menyerang para wanita di atas 50 tahun. Selain itu tanda – tanda kanker ovarium yang menggerogoti ovarium ini juga sangat jarang terdeteksi dini. Biasanya kanker ini mulai terdeteksi saat sudah mulai menyebar.

Bila kamu ingin mendeteksi secara dini maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan genetik. Apabila dari hasil pemeriksaan terdapat gen BRCA1 atau BRCA2 maka resiko terkena kanker berbahaya ini lebih besar.

5. Kanker Vulva

Kanker vulva biasanya menyerang lebih besar sebanyak 80 persen pada wanita yang sudah berusia di atas 60 tahun. Gejala awalnya yang timbul ada rasa sakit, memerah dan gatal pada area vulva. Kadang juga terasa sakit saat buang air, sampai adanya benjolan pada bagian vulva.

Lakukan pemeriksaan segera kepada dokter ahli untuk lebih mudah dalam melakukan pentekseian terhadap 5 jenis kanker berbahaya pada wanita di atas. Semoga bermanfaat.

Tulis komentarmu di kolom ini!

Add Comment