Pernikahan Budget Minim, Organizing sendiri dan Gue Banget!

Couple Chair via www.weddingwindow.com

Hari apa sih yang selalu dinantikan oleh semua pasangan yang telah menjalin hubungan? Yup! Hari pernikahan! Di hari yang sakral untuk mengucapkan janji saling mengasihi sehidup semati sebagai suami istri. Hari yang akan menjadi kenangan sepanjang masa menjalani kehidupan.

Menyiapkan sebuah pernikahan yang sakral, romantic, dan menyenangkan itu jelas bukan pekerjaan sepele yang bisa selasai dalam waktu singkat lho!

Tidak sedikit calon pasangan baru yang kelabakan dalam menyiapkan anggaran, tempat, make up dan wardrobe, katering, bahkan tamu dan undangan. Karena hal itu kamu jadi mengenal pekerjaan yang namanya wedding organizer. Tetapi kalau kamu bisa meng-organizing sendiri kenapa tidak dicoba?

Dengan budget minimal, kreasi sendiri, dan menjadi kenanganan yang berkesan untuk selama-lamanya, serta konsep yang gue banget seperti pesta pernikahan dengan konsep hotrod dan pin-up misalnya. Mendandani resepsionis (pager ayu dan pager bagus) dengan gaya rockabilly danpin-up girl, pajang poster Hank William atau Stray Cats, atau sertakan kendaraan hotrod sebagai dekorasi.

Perlu dicermati pula, meng-organizing sendiri jalannya pernikahan akan sangat menguras tenaga kamu dan pasangan kamu. Jadi, pergunakanlah dengan sebaik dan se-efisien mungkin!

Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk meng-organizing sendiri hari pernikahanmu agar tidak terlalu menghamburkan banyak uang dan hasil dari kreatifitas sendiri.

1. Persiapan yang Matang

Setiap pernikahan memang seharusnya dipersiapkan dengan matang. Agar tidak terjadi “petaka” di hari pernikahan. Seperti contoh sederhananya, menentukan tanggal yang disepakati bersama, tempat dan dekorasi, tamu undangan, juga tempat dilangsungkan pernikahan. Perhatikan juga anggaran yang kamu miliki. Jangan sampai terhambur sia-sia hanya untuk melakukan survey ya.

Persiapan di sini lebih ditujukan pada target-target utama dalam menentukan seperti apa imajinasi kamu dalam mewujudkannya di hari pernikahan. Tidak perlu muluk-muluk, yang terpenting meninggalkan kesan dan menjadi kenangan yang tak terlupakan untuk tamu undangan, kamu dan pasangan.

Dan jangan sampai persiapan pernikahan ini membuat kamu dan pasangan merasa tertekan dan depresi!

2. Konsep

Pilihlah konsep yang benar-benar kamu dan pasangan suka. Tidak perlu harus mahal. Karena pemilihan konsep yang kamu pilih akan memberikan satu bentuk kepuasan yang bisa kamu dan pasangan rasakan. Jangan lupa untuk melibatkan keluarga dan rekan-rekanmu untuk berpartisipasi mengisi konsep hari istimewamu.

 

3. Kreatifitasmu Dibutuhkan

Wedding Party Decoration via bridesmagazine.co.uk

Poin penting dalam penghematan anggaran pernikahanmu, usahakan untuk meminimalkan barang-barang yang harus dibeli, terutama barang-barang yang hanya sekali pakai. Bukan untuk menjadi pelit, tapi penghematan anggaran. Hihi!

Barang seperti baju pengantin contohnya, kamu tidak perlu beli baru karena gaun pengantin hanya dipakai sekali. Kamu bisa menyewanya dari tempat penyewaan gaun dan pakaian pengantin, kamu bisa meminjam pakaian pernikahan dari orang tuamu dan menambahkan ornamen yang mendukung konsep pilihanmu atau jika ada kolega yang memilikinya kamu jangan sungkan untuk meminjamnya.

Sama dengan riasan pengantin, kamu bisa melakukan merias sendiri dengan bantuan keluarga dan kolega. Tidak perlu lagi menyewa jasa make-up artist atau rias manten.

Dekorasi gedung atau setidaknya dekorasi singgasanamu sebagai raja dan ratu semalam. Kamu bisa mendekorasi sendiri singgasanamu agar sesuai dengan konsep yang kamu dan pasanganmu inginkan. Manfaatkan barang-barang dari hobi atau koleksi pribadi untuk memberikan kesan unik pada dekorasi singgasanmu.

 

4. Rencana Alokasi Pengeluaran yang Baik

Pengalokasian pengeluaran dana secara baik, tepat dan cermat agar tidak meleset atau membengkak melebihi dari apa-apa yang sudah dianggarkan. Misalnya, gedung, dekorasi atau katering yang sering kali menyedot anggaran pernikahan.

Memberikan alokasi di setiap poin tersebut adalah hal yang paling masuk akal. Misalnya, membuat dekorasi dari ide sendiri untuk memangkas pengeluran. Jika kamu adalah DIY-er, maka gunakanlah ketrampilan kamu untuk membantu mengatasi pengeluaran!

Kamu bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah kamu miliki atau mencari di pasaran untuk membuat dekorasi. Memanfaatkan barang-barang murah yang tersedia dipasaran, seperti lampion, balon, pita dan paper garlands untuk dijadikan dekorasi ruang resepsi. Bila perlu mintalah bantuan dari teman-teman kamu untuk membantu. Walau tidak mahal tapi jika itu dibalut dengan kreatifitas kamu akan terlihat menawan.

 

5. Paket Gedung

Paket gedung via clairepennphotography.com

Keperluan akan tempat berlangsungnya pernikahan adalah poin yang paling menguras anggaran. Kamu dan pasangan harus rajin mencari dan survei harga gedung pernikahan, alangkah lebih baik untuk menghindari pilihan menyewa ballroom hotel berbintang apalagi bintang lima karena jelas akan menguras anggaran kamu. Kalau perlu, kamu cari gedung yang khusus disewakan untuk pernikahan.

Karena biasanya pihak yang menyewakan gedung tersebut sudah menentukan paket sewa gedung lengkap dengan dekorasi, pendingin ruangan,sound system, dan rias pengantin. Gunakan dekorasi sesuai dengan kreatifitas kamu dan pasangan seperti pada poin diatas. Usahakan dekorasi difokuskan kesan positif untuk kamu dan pasangan juga para tamu undangan agar tidak merasa kecewa ya!

 

6. Hidangan Untuk Tamu

Sate via www.truephotographyweddings.com

Selain fokus pada gedung dan dekorasi, poin lain yang menyita anggaran adalah hidangan untuk tamu. Yap! Kamu harus cermat dalam menentukan porsi hidangan terutama hidangan yang menggugah selera ditunjang dengan dekorasi yang membuat para tamu nyaman. Agar para tamu undangan mau berlama-lama di resepsi pernikahan kamu.

Di sini juga kamu dan pasangan harus rajin-rajin mencari katering dengan harga yang relatif murah, namun dengan kualitas yang tidak murahan. Biasanya kamu akan terfokus pada referensi yang diberikan rekan atau keluarga dalam menentukan katering, biasanya referensinya adalah katering yang berkelas dan sudah terkenal tentunya katering tersebut punya tarif yang relatif tidak murah.

Usahkan kamu dan pasangan bisa memperkirakan tamu yang akan hadir. Supaya porsi dan jumlah bisa disesuaikan. Dan lagi, pemilihan hidangan juga harus sesuai konsep dan selera.

 

7. Hiburan

Band via www.truephotographyweddings.com

Tidak bisa dihindari lagi dalam pesta pernikahan akan membutuhkan hiburan untuk menambah nuansa meriah dan romantisme serta mengusir kejenuhan. Banyak pasangan yang memilih mendatangakan penyanyi dan pengiring musik dari luar. Hal ini juga menjadi point pressure pada alokasi anggaran pernikahan, karena mendatangkan mereka tidaklah murah.

Cobalah ide ini! Kamu cukup menyewa alat musik. Jangan sungkan untuk menghubungi dan melibatkan teman-temanmu yang berjiwa musisi dan hobi musik untuk mengisi posisi tersebut! Mereka pasti akan merasa tersanjung menjadi bagian dari hari besarmu.

Dan kamu juga jangan malu untuk bergabung dengan teman-temanmu, yah walaupun hanya sekedar mengisi backing-vocal tapi kalau kamu juga berjiwa musisi jangan malu untuk mengisi hiburan walaupun satu lagu. Wow! Bakalan mengurangi anggaran kamu nih!

Selain menyalurkan hobi kamu dan teman-temanmu, hal seperti itu juga akan memperkuat konsep dan suasan yang kamu dan pasanganmu terapkan. Kalau kamu merasa sungkan untuk melibatkan mereka, kamu bisa menyewa jasa organ tunggal. Satu bentuk hiburan musik dalam satu instrumen musik yang relatif cukup murah.

 

8. Dokumentasi

Wedding Party via www.truephotographyweddings.com

Kenangan dalam bentuk dokumentasi pernikahan merupakan poin penting supaya kamu dan pasanganmu terus mengingat hari besar kamu berdua. Untuk mendokumentasikan momen sakralmu, tidak perlu mendatangkan juru dokumentasi dari luar.

Lagi-lagi, jangan pernah ragu untuk melibatkan keluarga atau kolegamu yang memiliki hobi fotografi. Fasilitasi mereka untuk mengabadikan prosesi pernikahanmu dari mulai prewedding, akad nikah, hingga resepsi.

Outdoor wedding via www.truephotographyweddings.com

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat budget pernikahan, mulai dari persiapan hingga pesta pernikahan. Poin-poin diatas adalah sedikit ide-ide yang bisa kita lakukan untuk menghemat anggaran sekaligus merepresentasikan konsep pernikahan yang kesannya gue banget! Dan perlu juga kamu ingat, untuk memasukkan kemungkinan-kemungkinan yang tak terduga dalam persiapan kamu ya!

Itu tadi beberapa cara yang kreatif untuk melaksanakan momen sakral pernikahan. Dengan budget minimal pun kamu dan pasanganmu bisa terlaksana. Kreatifitas kamu dan pasanganmu di dalamnya menjadi elemen yang akan menjadi kenangan sepanjang menjalani bahtera rumah tangga. Selamat dan semoga bahagia ya!

Tulis komentarmu di kolom ini!