Seberapa Penting kah Kecerdasaan Emosional Pada Anak?

Kecerdasan itu dibagi menjadi tiga yaitu kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan intelegensi. Kebanyakan orang hanya mengenal satu kecerasan saja, yaitu kecerdasan intelegensi atau kecerdasaan dibidang ilmu pengetahuan.

Seorang psikolog anak mengatakan bahwa banyak sekali masyarakata yang belum begitu mengenal apa itu kecerdasan emosional. Kebanyakan masyarakat lebih cenderung kepada kecerdasan intelegensi saja. Tahukah kamu kalau kecerdasan emosional itu memiliki manfaat yang lebih kompleks dibandingkan dengan IQ atau Intelegence Question, apalagi pada anak-anak.

Nah, apa saja sih jenis dan fungsi kecerdasan emosional pada seorang anak? Untuk yang sudah menjadi orang tua semoga penjelasan berikut ini bisa membantu agar lebih mengenal apa itu kecerdasan emosional dan fungsinya bagi pertumbuhan anak.

Pentingnya-kecerdasaan-emosional-pada-anak

Berikut ini jenis dan macam kecerdasan emosional sebagaimana diolah dari berbagai sumber yang sudah pernah membahas tentang kecerdasan emosional.

  1. Sosial kemasyarakatan

Seorang anak yang memiliki kecerdasan emosional tinggi akan lebih mudah untuk bergaul dengan lingkungan sosial atau bermasyarakat. Secara umum kecerdasan emosional memang memiliki manfaat untuk hal-hal yang berhubungan dengan hubungan sosial manusia. Anak yang memiliki kecerdasan emosional tinggi juga akan memiliki lebih banyak teman dibandingkan dengan anak yang hanya memiliki kecerdasan IQ saja yang tinggi.

  1. Sebagai penyeimbang Intelegnsi

Kalau IQ atau kecerdasaan intelegnesi berhubungan erat dengan otak kiri maka kecerdasan emosional memiliki hubungan erat dengan otak kanan. Dengan dua fungsi yang berbeda ini, saat anak memiliki kecerdasan emosional tinggi akan bisa menjadi penyeimbang kecerdasan Integensi yang dimiliki.

  1. Kedewasaan

Menurut jurnal yang dikeluarkan dari dunai kesehatan dan psikologi, kecerdasan emosional berhubungan dengan tingkat kedewasaan seorang anak maupun orang yang sudah berumur. Semakin tinggi kecerdasan emosional pada anak biasanya akan berbanding lurus dengan tingkat kedewasaan dari sang anak tersebut.

  1. Percaya diri yang tinggi

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh universitas di Canada, anak yang memiliki EQ tinggi akan memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi dan juga lebih brani untuk bersuara dan mengemukan pendapat mereka bila dibandingkan dengan anak yang hanya memiliki kecerdasaan IQ yang tinggi.

  1. Lebih mudah berhasil

Memiliki IQ tinggi memang akan membuat seseorang untuk lebih mudah memperoleh suatu jabatan di sebuah perusahaan terkemuka, namun orang-orang yang memiliki EQ tinggi justru akan memiliki peluang lebih besar untuk sukses lebih dahulu.

Biasanya orang dengan EQ tinggi akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan maupun bawahannya. Hal ini akan membuatnya memiliki lebih banyak pengalaman dan pintar berorganisasi. Semakin banyak pengalaman organisasi yang dimiliki oleh seorang pemimpin tentu saja akan membuat manajemen perusahaan lebih baik jika dibandingkan dengan pemimpin yang minim dalam berorganisasi.

Kecerdasan yang berhubungan dengan otak kanan biasanya juga akan membuat anak menjadi lebih kreatif, aktif dan juga bisa berpikir lebih kritis sehingga bisa lebih mandiri dan bisa mencari solusi dengan bijak dan tepat untuk masalah yang kelak akan dihadapi saat sudah dewasa.

Demikianlah jenis dan fungsi yang akan diperoleh oleh anak yang memiliki kecerdasan emosional tinggi yang sangat perlu untuk diketahui oleh orangtua. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para orangtua agar tidak hanya berfokus pada kecerdasaan intelegensi semata tapi juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan emosional dari sang anak. Jadilah orangtua yang bisa membuat anak terus berkembang dengan baik dan maksimal dengan memberikan stimulus-stimulus yang tepat tentunya.

Tulis komentarmu di kolom ini!