Bunda, Kita Harus Mengetahui Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini Untuk Memantau Perkembangan Anak

Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini merupakan hal yang sangat ditunggu tunggu oleh para orang tua. Anak yang sedang pada masa pertumbuhan memang memerlukan perhatian khusus, agar nantinya si anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Khususnya saat usia masih dini, pada masa masa ini anak cenderung sensitif dan serba ingin tahu apa yang ada di sekeliling nya. Maka sebagai orang tua anda wajib membimbing dan mendampinginya. Pada usia dini anak mengalami fase dimana ia mengalami pertumbuhan yang cepat. Karena pertumbuhan yang cepat ini, orang tua wajib mendukungnya dengan cara memberikan nutrisi yang cukup untuk nya. Berikut perkembangan anak usia dini yang bisa anda amati :

  1. Lebih aktif

Pada usia dini, anak cenderung lebih aktif dalam melakukan aktivitasnya. Misalnya saat si anak bermain dengan teman temannya, ia akan aktif dalam melakukan permainan tersebut. Hal tersebut akan membuat si anak terkuras energinya. Karena energi yang terkuras tersebut, maka anda harus imbangi dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak.

Tahap Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini

  1. Mempunyai hasrat belajar yang tinggi

Anak-anak khususnya pada usia dini biasanya akan memiliki hasrat untuk belajar yang tinggi. Ia akan mulai bertanya-tanya tentang apa yang ada di sekelilingnya dan lain sebagainya. Sebagai orang tua apabila si anak mengajukan berbagai pertanyaan, sudah menjadi kewajiban untuks menjawabnya dengan logis dan benar. Karena apabila pertanyaan si anak tidak dijawab ia akan mudah marah.

  1. Lebih senang berimajinasi

Perkembangan anak usia dini juga ditandai dengan anak akan berimajinasi, imajinasi tersebutlah yang dapat membuat anak menjadi cerdas. Untuk mendukung mengenai perkembangannya tersebut, sebagai orang tua anda dapat berupa memberikan si anak alat alat untuk menggambar, melukis atau yang lainnya. Sesuai dengan imajinasi anak anda. Hal tersebut dimaksudkan agar si anak dapat mencurahkan imajinasinya tersebut dalam sebuah buku gambar atau alat-alat yang lainnya.

  1. Memiliki daya ingat yang kuat

Anak usia dini biasanya akan memiliki ingatan yang kuat, atau mudah sekali untuk mengingat sesuatu. Ingatan yang masih fresh tersebut sangat baik memberikan pembelajaran lewat membacakan buku mengenai kehidupan yang materinya ringan dan mudah dipahami oleh anak. Sebagai orang tua anda dapat membacakan cerita untuk si anak pada saat ia dalam waktu santai atau menjelang tidur. Dengan begitu ia akan mengingatnya dengan baik.

  1. Belajar membaca

Pada usia ini, anak juga akan belajar membaca. Anda dapat mendukungnya dengan memberikan buku buku gambar yang memiliki kata-kata kerja atau benda yang dapat dengan mudah diingat oleh anak. Jadi dengan cara tersebut akan membantu anak menjadi cerdas, sehingga nantinya ia akan mudah lagi untuk belajar saat sudah masuk ke bangku sekolah.

Demikianlah tahap perkembangan anak usia dini yang bisa anda amati. Semoga bermanfaat dan lakukanlah segala sesuatu yang terbaik untuk pertumbuhan anak anda.

Tulis komentarmu di kolom ini!