Tema Pesta Pernikahan Unik yang Bisa Kamu Wujudkan Dalam Pernikahanmu

Pernikahan adalah momen yang dinanti-nantikan oleh setiap orang. Pernikahan menjadi tanda dari proses seseorang menjajaki tahap lanjut dalam fase kehidupannya. Memutuskan menikah, maka seseorang sudah  sangat yakin untuk membagi separuh hidupnya dengan orang lain yang sering disebut ‘belahan jiwa’.

Pernikahan adalah proses yang sakral, yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup. Maka dari itu, biasanya seseorang akan menjadikan momen pernikahan itu sebagai momen yang tidak akan pernah terlupakan sepanjang hidup.

Salah satu cara membuat pernikahanmu menjadi unforgettable moment adalah merencakan tema yang unik. Tema yang menunjukan sisi pribadimu dan pasangan. Berikut ini beberapa contoh tema unik yang bisa kamu jadikan referensi sebelum menggelar pestamu.

1. Pernikahan ala Fairytale Membuat Kamu dan Pasangan Serasa Berada di Negeri Dongeng

Cinderella Wedding Theme via storyboardwedding.com

Pernah mendengar atau bahkan mendatangi pesta pernikahan dengan tema negeri dongeng? Pesta pernikahan dengan dekorasi yang diatur sedemikian rupa seperti negeri dongeng buatan. Mulai dari penataan tempatnya, pakaian pengantin, musik, pernak-pernik hiasan, cinderamata untuk para tamu, hingga hidangan juga disesuaikan menyerupai yang ada dalam dongeng.

Sudah banyak pasangan, baik di Indonesia maupun luar negeri, yang mengusung tema dongeng ini. Beberapa dari mereka kebanyakan mengadopsi dongeng bernuansa film-film Disney.

Misalnya, pernikahan bertemakan dongeng Cinderella di mana pengantin wanita diantar ke perhelatan pesta menggunakan kereta labu, sementara mempelai laki-laki mengenakan pakaian ala pangeran kerajaan lengkap dengan kuda dan beberapa pengawal.

Namun, untuk mengusung tema ini ada beberapa hal penting yang perlu dipikirkan. Selain biaya yang pastinya besar, tema ini juga harus dipikirkan matang-matang perihal konsepnya. Mulai dari desain baju pengantin yang tentu saja harus ‘dongeng sekali’, ornamen-ornamen yang yang disesuaikan dengan tema, undangan, dan kesiapan calon mempelai untuk mengusung tema tersebut. Kalau perlu, tamu undangan juga disarankan untuk mengenakan pakaian sesuai dengan tema yang terkait.

So, apakah kamu sudah siap dengan babak dongengmu? Jangan lupa ajak ibu peri dan para kurcaci yaaa…

2. White Party yang Sakral

White Party via reviza.com

Barangkali sudah banyak mempelai yang mengusung tema ini untuk pesta pernikahan. Tidak heran karena tema pernikahan bernuansa putih ini memiliki kesan yang impressive bagi sebagian banyak orang. Bukan hanya memaknakan keromantisan, namun juga ada nilai sakral yang terkandung di dalamnya.

Nah, untuk masalah dekorasinya, kamu dan pasangan tinggal menyesuaikan dengan tema ini. Tentu saja nuansa warna putih harus mendominasi tempat perhelatan acara, mulai dari pakaian pasangan pengantin, warna dinding, warna kain tirai-tirainya, undangan, hingga hiasan-hiasan pendukungnya.

Kamu juga bisa memasukan ornamen-ornamen khas berwarna putih, misal salju buatan dan mawar putih. Namun meskipun namanya white party, kamu masih boleh kok memadupadankan dengan warna pastel atau pink.

Selain itu, jangan lupakan detail-detail setiap aspek yang ada dalam pestamu. Misalnya, gaya pelaminan, model gorden yang dipasang, hingga bentuk meja kursi para tamu. Dan sebaiknya, pesta pernikahan dengan tema ini dilakukan di dalam ruangan agar kesan ‘putih’-nya lebih dapat.

Kalau kamu sudah memikirkan sampai sedetail itu, pestamu dijamin akan memberikan kesan yang berbeda!

Oh iya, yang tidak kalah penting, mintalah para tamu untuk menggunakan pakaian warna putih saat menghadiri pestamu. Tulis dengan jelasdresscode dalam undangan yang kamu sebar ya! So, your wedding party will be perfect!

3. Pesta Rakyat yang Merakyat

Pelaminan Pernikahan Pesta Rakyat Jawa via pondokindahlestari.blogspot.com

Sesuai namanya, pesta pernikahan dengan tema ini mengusung sisi kesederhanaan. Meskipun begitu, pesta rakyat ini tetap memikat. Biasanya tema ini kental dengan adat Jawa/Sunda. Namun banyak pasangan sekarang yang justru memadukan tema pesta rakyat ini dengan sentuhan modern. Misalnya, memasukan unsur lagu pop sebagai pengganti lagu-lagu Jawa/Sunda.

Salah satu yang membuat unik dalam tema pernikahan ini adalah dengan adanya stand-stand makanan khas jajanan rakyat, seperti siomay, sate, batagor, dan bakso. Para tamu dapat memilih sendiri makanan-makanan tersebut seakan-akan mereka sedang membeli langsung dari penjualnya.

Selain itu, dekorasi tema ini harus dibuat sederhana, namun tetap berkelas dan memiliki nilai estetika. Bangku dan meja yang terbuat dari kayu. Pelaminan yang juga bernuansa kayu.  Dan masukan ornamen-ornamen khas Jawa/Sunda, misalnya lampu gantung dan cangkir-cangkir dari tanah liat. Kesan klasiknya pasti sangat terasa!

Agar lebih keren lagi, kamu juga bisa meletakan beberapa ornamen mainan anak kecil seperti kincir odong-odong dan ayunan untuk menambah kesan yang lebih alami. Kamu bisa melaksanakan pesta ini outdoor, sehingga kesan ‘rakyat’ lebih dapat. Tidak perlu ada aturan dress code untuk tamu, yang penting sopan.

4. I loooove Rock n Roll

Pernikahan rock n roll via greenweddingshoes.com

Apa yang terbesit di pikiranmu ketika mendengar tema pernikahan rock n roll? Seru? Atau bahkan aneh? Barangkali bagi sebagian banyak orang, tema pernikahan ini membuat geleng-geleng kepala. Tapi bagi kamu yang memang suka rock n roll, tema ini layak dipertimbangkan untuk menjadi tema pernikahanmu kelak.

Tentu saja dekorasi dan ornamen khas rock n roll harus ada di pernikahanmu. Warna-warna gelap mendominasi, namun kamu juga bisa memadukan beberapa warna cerah agar tidak terkesan terlalu kelam. Jangan lupa masukan beberapa hiasan-hiasan yang berciri khas musik rock,seperti gitar-gitar yang dipajang di beberapa sudut dinding, atau lampu-lampu dengan gaya sedikit gothic.

Mainkan lagu-lagu rock terkenal bertema cinta sepanjang masa. Kalau perlu, kamu dan pasangan menyanyikan beberapa lagu sambil bermain alat musik sendiri. Kamu juga harus mempersiapkan pakaian pengantin dan riasan yang mewakili tema ini. Oh iya, dress code untuk para tamu juga harus disesuaikan ya!

Terlepas dari keseruan tema ini, kamu juga harus mempertimbangkan bahwa tidak semua tamu kamu menyukai lagu rock. Maka buatlah tema ini agar tetap ‘ramah’ tanpa menghilangkan tema ke-rock n roll-annya. Tertarik?

5. Wedding Beach Juga Bisa Menjadi Pilihan yang Unik Untuk Diwujudkan!

Wedding Beach via knotprofit.com 

Bayangkan apabila kamu menggelar pernikahan di tepi pantai yang indah! Pelaminanmu langsung menghadap pantai. Diiringi backsound ombak dan angin yang menciptakan nuansa syahdu. Para tamu asyik berdansa dan berfoto ria dengan background pantai berpasir putih. Itulah gambaran pesta pernikahan dengan tema pantai.

Untuk mewujudkan mimpi memiliki pesta semacam itu, banyak hal yang harus kamu pikirkan. Mulai dari memilih pantai yang eksotis dengan pemandangan yang indah, makanan yang cocok untuk disantap di tepi pantai, akses perjalanan untuk para tamu yang hadir ke pernikahanmu, aliran listrik yang dipakai sepanjang acara berlangsung, hingga cuaca dan kondisi pasang surut ombak berhubung kamu akan mengadakan pesta di tempat terbuka.

Pantai-pantai di Bali bisa menjadi pilihan untuk kamu menggelar pesta pernikahan. Apalagi sudah banyak hotel, resort atau restoran yang berdiri di tepi pantai. Beberapa pengelola resort juga sudah sekaligus menyediakan tempat upacara pernikahan di tepi pantai, contohnya Conrad Bali. Dijamin deh, bukan hanya kamu saja yang dibuat berkesan dengan pesta pernikahanmu, tapi juga para tamu yang hadir!

So, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggelar pesta pernikahan dengan tema-tema tadi? Atau, justru kamu sudah memiliki gambaran tema pernikahanmu sendiri? Apapun itu, yang penting jangan sampai menghilangkan kesakralan pernikahan itu sendiri. Dan, sesuaikan denganbudget kamu ya!

Tulis komentarmu di kolom ini!