Ini Yang Kamu Bisa Lakukan Jika Mertua yang Ikut Campur Urusan Rumah Tangga

Tinggal dengan mertua terkadang membuat mertua suka ikut camput dalam urusan rumah tangga anak yang juga menantunya sendiri. Kebiasaan mertua yang ikut campur urusan rumah tangga ini tidak selamanya baik dan positif karena bisa juga membuat menantu merasa kurang nyaman.

Tips-Mengatasi-Mertua-yang-Ikut-Campur-Urusan-Rumah-Tangga

Memang hal yang wajar jika orangtua merasa masih memiliki tanggung jawab terhadap anaknya walaupun anak sudah menikah dan memiliki rumah tangga sendiri. Hal ini biasanya sering terjadi pada orangtua dari pihak suami.

Setelah memutuskan untuk menikah dan berumah tangga, seorang suami memang harus lebih bertanggungjawab terhadap anak dan juga istrinya daripada kepada kedua orang tuanya. Ketika mertua dengan terang-terangan ikut campur urusan rumah tangga anaknya, maka yang akan terjadi pastinya akan membuat rumah tangga antara kamu dan pasangan kamu menjadi tidak nyaman untuk ke duanya.

Untuk bisa mengatasi masalah mertua yang ikut campur urusan rumah tangga yang terlalu berlebihan dan sudah melebih batas ada beberpa tips yang bisa kamu coba seperti yang dilansir oleh wolipop.detik.com berikut ini.

Menghadapi mertua yang ikut campur urusan rumah tangga memang harus dengan bijak, kalau tidak demikian yang terjadi biasanya malah memunculkan konflik diantara kamu dan juga pasangan kamu. Namun demikian, kamu tidak perlu sampai stress karena perkara ini. Menururt psikolog Ratih Ibrahim, permasalah orangtua yang ikut campur urusan rumah tangga anaknya banyak dialami oleh pasangan suami istri lainnya juga.

Saran yang diberikan oleh Ratih adalah cobalah untuk membicarakan hal ini secara baik-baik dengan pasangan kamu. Tanyakanlah pada suami kamu sebenarnya apa sih yang membuat mertua khususnya ibu mertua sering bersikap seperti kurang menyukai kamu. Cari tahu pula apa yang disukai oleh ibu mertua kepada suami kamu.

Kalau kamu sudah mulai mengetahui apa yang disukai oleh mertua maka secara perlahan lahan kamu bisa mulai mengambil perhatian dari mertua kamu dengan memulainya melalui hal hal yang disukai oleh mertua. Misalkan orangtua kamu suka memasak maka kamu bisa memberikannya resep masakan atau memasaka bersama dengannya. Atau jika mertua kamu suka berkebun dan merawat bunga maka kamu bisa membelikan bunga baru atau ikut menyiram bunga-bunga koleksi ibu mertua sambil mengobrol santai.

Dengan cara ini kamu akan lebih mengenal sifat dan apa saja yang menjadi kesukaan mertua, selain itu kamu juga tetap harus berusaha introspeksi diri. Adakah kesalahan yang mungkin tanpa sengaja pernah kamu lakukan sehingga membuat mertua marah. Jangan malu ataupun takut untu meminta maaf dan memperbaiki diri.

Jika tips tips mengenai cara mengatasi mertua yang ikut campurĀ  urusan rumah tangga di atas sudah kamu praktekkan maka perlahan dan sedikit demi sedikit pasti hubungan kamu dan mertua akan lebih baik. Ketika hubungan dengan mertua sudah membaik dan harmonis, biasanya mertua akan menjadi sahabta terbaik dengan kamu dan bisa saling berkomunikasi dan meminta pendapat jika kamu sedang mengalami beberpa masalah rumah tangga ataupun lainnya, tanpa harus canggung dan tidak nyaman karena takut orangtua ikut campur.

Semoga tips ini bermanfaat dan bisa menjaga hubungan kamu dan mertua selalu dalam keadaan yang harmonis.

Tulis komentarmu di kolom ini!