Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Muda

Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil MudaMasa awal kehamilan merupakan masa dimana seorang wanita harus memulai memperhatikan kesehatan kandunganya. Pasti setiap pasangan menginginkan seorang buah hati yang sehat juga cerdas. Dengan memiliki buah hati yang diidamkan, maka akan membuat setiap orang merasakan bahagia. Sedangkan untuk mewujudkan impian itu, anda tentunya harus dapat menjaga dan merawat janin ketika janin itu berada di dalam kandungan. Bagi seorang calon ibu yang sedang hamil muda, biasanya banyak sekali mengalami kerentanan. Seperti rasa campur aduk antara senang, bingung, dan juga cemas. Kadang juga disertai rasa lelah beberapa waktu, mual muntah yang terlalu sering dan juga resiko keguguran. Oleh karena itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka dibutuhkan perhatian yang ekstra dan perawatan kesehatan yang khusus bagi para calon ibu hamil muda. Dan berikut ini tips untuk menjaga kesehatan ibu hamil muda :

  1. Meminimalkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Minuman ini memiliki resiko terjadinya keguguran pada kehamilan muda.
  2. Berhenti merokok, karena kandungan zat pada rokok menyebabkan bayi. Rokok bisa menyebabkan lahir dengan berat badan yang rendah dan beresiko lahir premature.
  3. Melakukan pemeriksaan darah untuk mendeteksi adanya infeksi toksoplasma.
  4. Menghindari aktifitas yang berat pada awal kehamilan. Pada wanita hamil muda biasanya secara umum mudah merasakan lelah, bahkan ada yang sebagian mengalami pingsan karena tekanan darah yang rendah. Menghindari aktifitas yang berat seperti terlalu lama berdiri dan jangan terlalu sering lama duduk merupakan tips menjaga kesehatan ibu hamil muda yang harus dilakukan. Dan apabila merasa letih segeralah untuk beristirahat.
  5. Hindari alkohol dan obat-obatan yang berbahaya bagi kehamilan, karena akan mengganggu dan menghambat perkembangan janin.
  6. Menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, karena wanita yang hamil muda biasanya mengalami rasa mual, sehingga nafsu makan hilang.
  7. Pastikan untuk menjaga dan mengontrol emosi, karena biasanya wanita yang sedang hamil muda akan sering berubah-ubah dengan cepat suasa hatinya. Ini disebabkan karena hormone yang sedang tak stabil karena kehamilan. Hal ini akan mengakibatkan rasa stress yang membahayakan janin di dalam kandungan. Biasakan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan bercengkerama bersama keluarga, agar hati dan pikiran tetap terjaga tenang dan nyaman.
  8. Kurangi aktivitas seksual bersama suami, karena hal ini pada awal kehamilan berujung pada keguguran jika tidak dilakukan sesuai dengan kondisi sang wanita. Sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu agar kesehatan ibu hamil muda dan janin tetap terjaga.
  9. Ibu hamil muda dapat melakukan olahraga seperti berjalan-jalan di pagi hari dengan udara yang masih segar. Jalan kaki pagi hari dapat memperbaiki sirkulasi dalam tubuh dan tetap fit menjalankan aktivitas sehari-hari. Vitamin D yang ada pada sinar matahari pagi hari membantu menyerap kalsium dan baik untuk kesehatan tulang.

Semoga informasi tips menjaga kesehatan ibu hamil muda di atas bisa bermanfaat.

Tulis komentarmu di kolom ini!